Jumat, 29 Maret 2024

Tiga Alasan Penting Indo-Pasifik

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI Desra Percaya saat membacakan pidato Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam Konferensi Pengembangan Hukum Internasional di Asia (Development of International Law in Asia/DILA) di Jakarta, Selasa (15/10/2019). Foto: Antara

Retno Marsudi Menteri Luar Negeri menekankan ada tiga alasan penting Pandangan ASEAN tentang Indo-Pasifik (ASEAN Outlook on the Indo-Pacific) bagi Indonesia.

Ketiga alasan itu diungkapkan Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI Desra Percaya saat membacakan pidato Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam Konferensi Pengembangan Hukum Internasional di Asia (Development of International Law in Asia/DILA) di Jakarta, Selasa (15/10/2019).

Pertama, ASEAN berkepentingan membangun arsitektur ekonomi dan keamanan sehingga dinamika eksternal akan terus membawa perdamaian, keamanan, stabilitas dan kemakmuran bagi masyarakat ASEAN.

Kedua, lanjut dia, ASEAN perlu secara konsisten memunculkan kepemimpinan kolektifnya dalam membentuk visi untuk kerja sama yang lebih erat di Indo-Pasifik.

Ketiga, ASEAN juga perlu terus menjadi perantara yang jujur dalam lingkungan strategis kepentingan yang bersaing.

“Kami bercita-cita bahwa Indo-Pasifik akan menjadi wilayah dialog dan kerja sama alih-alih persaingan sebuah wilayah pembangunan dan kemakmuran,” ujar Menlu Retno dilansir Antara.

Sepanjang sejarah, Indonesia telah memainkan peran aktif dalam membangun dan mempromosikan norma-norma internasional dan tidak melanggarnya.

“Hukum internasional ada dalam DNA kita karena kenyataannya bahwa geografi kita mendefinisikan kita,” kata dia.(ant/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs