Kamis, 16 Mei 2024

Pengamat: Komunikasi Politik Buntu, Politisi Harus Legowo Terima Tuntutan Mahasiswa

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Suko Widodo Pengamat Komunikasi Politik Unair. Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Suko Widodo Pengamat Komunikasi Politik Unair menilai demonstrasi mahasiswa dan masyarakat sipil yang terjadi di Jakarta dan beberapa daerah lain tengah mengalami komunikasi politik.

“Ini jika tak segera teratasi akan menjadi preseden tak bagus bagi perkembangan demokrasi. Tidak bisakah ada ruang komunikasi yang tepat? Yang memungkinkan ekspresi mahasiswa ditampung dan dikanalisasi dengan baik? Saya juga kasihan aparat yang terpaksa harus berbenturan dengan mahasiswa,” ujar Suko Widodo dalam pernyataan tertulis yang diterima suarasurabaya.net pada Rabu (25/9/2019).

Ia berharap, politisi harusnya legowo untuk menerima tuntutan mahasiswa. Sedangkan, mahasiswa juga diharapkan tidak tenggelam dalam euforia dan mampu menyampaikan argumentasi secara rasional.

“Dalam kebuntuan ini, diperlukan kehadiran Dewan Masyarakat. Yakni sebuah forum yang menyertakan multi pihak. Mulai guru, akademisi, budayawan, rohaniawan, industriawan, buruh, petani nelayan, politisi, aparat, pemerintah dan lainnya untuk dari hati ke hati saling membuka diri,” jelasnya.

Ia menilai komunikasi antar semua pihak mendesak dilakukan. Ini dibutuhkan sebagai ruang ekspresi dan penyelesaian persoalan bersama ditengah gelombang penolakan beberapa rancangan UU yang ada di DPR. (bas/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
24o
Kurs