Kamis, 25 April 2024

PENS Gandeng SEAMEO Gelar Workshop Bahas Tantangan Industri 4.0

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Suasana workshop di PENS bahas tantangan Industri 4.0. Foto: Humas PENS

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Selasa (22/1/2019) gelar workshop bekerjasama dengan PSMK dan Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO).

Bertempat di Auditorium PENS, acara diikuti kurang lebih 200 guru sejumlah SMK di Jawa Timur, dengan tema: Persiapan menuju Industri 4.0 dan Sinergi SMK dengan PENS, PSMK, dan SEAMEO Center.

Dr. Zainal Arief, Direktur PENS pada sambutannya menyampaikan bahwa workshop kali ini bisa mengembangkan kreatifitas dan kopetensi siswa SMK sehingga kedepan bisa lebih siap di dunia usaha dan industri.

“Smart System, Cyber Security, Big Data, Internet of Things (IoT), dan Artificial Intelligence (AI), bisa menuntut para pelaku usaha dan generasi muda mampu menguasai teknologi dalam persaingan global saat ini,” terang Dr. Zainal.

Paparan materi selanjutnya disampaikan Dr. Gatot Hari Priowijanto, Direktur SEAMEO, membahas tentang Strategi dan Desain STEM dalam menghadapi revolusi 4.0, dan Pengembangan Peningkatan Ekonomi.

Pada penjelasannya Dr Gatot menyampaikan bahwa program ini juga berkoordinasi dengan Dikti. Ada 10 Perguruan Tinggi yang ditunjuk untuk mendampingi, satu diantaranya PENS sesuai kompetensi.

“Harapannya workshop kali ini sebagai awal di Jawa Timur untuk bersinergi dan berkolaborasi menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkopetensi. Juga untuk menyiapkan anak-anak didik kita bersaing di dunia industri,” pungkas Gatot.

Dilokasi yang sama, selain digelar workshop juga ditampilkan pameran teknologi yang mendorong Industri 4.0.(tok/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs