Jumat, 29 Maret 2024

12 Jalan Utama di Gresik Rusak Akibat Banjir Kali Lamong

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Ilustrasi. Salah satu akses jalan di Desa Morowudi, Kabupaten Gresik, Jatim yang putus akibat banjir Kali Lamong beberapa waktu lalu. Foto: Antara
Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Gresik, Jatim, mencatat ada 12 ruas jalan yang mengalami kerusakan, akibat banjir luapan Kali Lamong di wilayah setempat.
“Total jalan yang rusak akibat banjir itu sekitar 12 kilometer dan saat ini kami sedang memproses lelang. Secepatnya akan segera dikerjakan, jika keadaan sudah bisa kondusif,” kata Gunawan Setijadi Kepala Dinas PUTR di Gresik, dilansir Antara, Kamis (16/4/2020).

Ia menyebut, 12 jalan yang rusak itu masing-masing ruas jalan Domas-Gluran Ploso, Ruas Benter-Kalipadang, Cerme-Metatu, Dungus-Dampaan, Klotok-Babatan, Slempit-Cermenlerek, Kedungsumber-Tanahlandean, Dapet-Jombangdelik, Bulangkulon-Lundo, Munggugiyanti-Bulangkulon, Cermelor-Pandu, serta Bobo-Benowo.

“Untuk jalan dengan kerusakan kecil, dikerjakan oleh Unit Reaksi Cepat Dinas PU. Sementara kerusakan jalan yang belum direncanakan, Pemkab Gresik menggunakan dana insidentil,” kata Gunawan.

Terkait perbaikan kerusakan pada jalan milik provinsi atau jalan nasional yang diakibatkan oleh banjir, Gunawan mengaku bukan kewenangannya.

“Kami tidak bisa menganggarkan dana perbaikan untuk jalan provinsi dan jalan nasional, karena bukan kewenangan kami. Ibaratnya, saat ini untuk memperbaiki jalan kabupaten dan jalan lain kewenangan kabupaten saja dananya masih kurang,” katanya.

Namun, Gunawan berharap, perbaikan jalan bisa dilakukan, sebab pihaknya mendapat informasi bahwa perbaikan jalan tersebut sudah dikontrakkan.

“Informasinya pekerjaan akan segera dimulai ketika cuaca baik. Saat ini masih sering hujan dan keadaan jalan setempat masih banjir,” katanya.

Sebelumnya, banjir Kali Lamong atau anak sungai Bengawan Solo yang berada di Gresik, merendam sedikitnya tujuh kecamatan dan 23 desa di wilayah itu. Banjir paling parah merendam wilayah Kecamatan Cerme dan memutus akses jalan Desa Morowudi, dengan ketinggian air bervariasi dari 20 hingga 50 centimeter. (ant/ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs