Jumat, 26 April 2024

30 Narapidana Lapas Porong Laksanakan Ujian Kejar Paket

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Sebanyak 30 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) atau narapidana mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) kejar paket, Selasa (14/4/2020). Foto: Istimewa

Sebanyak 30 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) atau narapidana mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) kejar paket, Selasa (14/4/2020). Puluhan napi di Lapas Kelas I Surabaya, Porong, Sidoarjo,  itu melaksanakan UAS Tahun Ajaran 2019/2020 untuk kejar paket A (setara SD), paket B (setara SMP), dan paket C (setara SMA).

“Dengan rincian Paket A (4 orang WBP), Paket B (10 orang WBP) dan Paket C (16 orang WBP). Ini merupakan hari kedua mereka ikut ujian,” kata Hero Sulistyono Kabid Pembinaan Lapas Kelas I Surabaya, berdasarkan rilis yang diterima suarasurabaya.net.

Pada hari pertama, kata dia, jadwal mata pelajaran yang diujikan yaitu Bahasa Indonesia dan Matematika. Sedangkan hari ini, para WBP mengerjakan soal ujian untuk pelajaran IPA dan IPS.

Ujian dimulai pada pukul 08.30 WIB. Mengingat masih dalam masa pandemi Covid-19, semua WBP yang mengikuti ujian, sebelum masuk ke aula diwajibkan untuk mencuci tangan dengan sabut. Kemudian diberikan hand sanitizer dan masker baru.

“Baru kemudian memasuki aula untuk menempati tempat duduk yang juga ditata dengan memperhatikan phsycal distancing,” ujar Hero.

“Seperti peserta ujian pada umumnya, para peserta tampak serius mengerjakan soal-soal yang disediakan. Bahkan, tak sedikit yang sering mengerenyitkan dahi. Tua maupun muda semangatnya sama untuk mendapatkan pendidikan,” ungkapnya.

Dari sekian peserta, kata Hero, Sumargo WBP Kasus Tindak Pidana Korupsi asal Gunung Anyar, Surabaya, menjadi peserta tertua dengan usia 48 tahun. Sedangkan peserta termuda adalah Mochammad Asrori WBP Tindak Pidana Narkotika asal Tambang Grinsing, Surabaya yang berusia 21 tahun.

“Alhamdulillah lancar, walaupun agak banyak yang sudah lupa,” ujar Tri Eko yang juga salah satu WBP peserta Ujian Paket C.

Sementara itu, Pargiyono Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jatim menambahkan pelaksanaan ujian ini adalah upaya pihaknya untuk memberikan WBP kesempatan untuk memperoleh hak pendidikan. Langkah ini juga termasuk dalam pembinaan selama menjalani masa pidana di Lapas Kelas 1 Surabaya.

“Sehingga ketika nantinya sudah kembali di kehidupan bermasyarakat sudah memiliki ijazah yang bisa digunakan untuk mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang lebih baik,” ujarnya.

Pelaksanaan ujian untuk paket A dan B mulai tanggal 13 April 2020 sampai dengan 15 April 2020. Sedangkan untuk paket C berakhir tanggal 16 April 2020 dengan mata pelajaran yang diujikan yaitu Bahasa Inggris. (ang/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
31o
Kurs