Kamis, 25 April 2024

Jelang Puncak Musim Hujan, Masyarakat Diminta Waspada Perubahan Cuaca Tiba-Tiba

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan hujan deras disertai petir dan angin kencang akan terjadi di wilayah Kota Surabaya pada Sabtu (18/1/2020) siang atau sore hari. Disusul hujan dengan intensitas ringan pada malam hari.

Hujan deras dengan angin kencang sesaat pada siang atau sore ini diprakirakan juga terjadi di Gresik, Lamongan, Tuban, Bangkalan, Pamekasan, Sampang, dan Sumenep. Kemudian pada malam hari terjadi di Pasuruan, Bondosowo, Situbondo, dan Banyuwangi.

Sementara, Arif Krisna, prakirawan BMKG Juanda mengatakan, puncak musim hujan akan terjadi pada akhir Januari hingga pertengahan Maret 2020. Sebelum puncak musim hujan, masih akan ada hari tidak hujan karena adanya tekanan udara yang rendah di selatan Indonesia. Terkait keberadaan pusaran angin di Sumatera, Arif memastikan tidak berpengaruh terhadap cuaca di Jawa Timur.

Masyarakat Jawa Timur diimbau tetap waspada terhadap perubahan cuaca yang bisa berlangsung tiba-tiba. “Kalau melihat awan CB menjulang tinggi berbentuk kol dan berwarna hitam pekat, hindari berteduh di bawah papan reklame dan pohon. Kalau sedang berkendara, berhenti dulu di tempat yang aman,” kata Arif.(iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs