Senin, 20 Mei 2024

Pantauan di Bandara dan Pelabuhan, Jatim Masih Aman dari Virus Korona

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Thermal scanner (pendeteksi suhu tubuh) kepada penumpang di pintu kedatangan internasional Bandara Juanda, Rabu (22/1/2020). Foto: dok./Denza suarasurabaya.net

Dr. M. Budi Hidayat Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Surabaya menyatakan, sampai Minggu (26/1/2020) ini belum ada kasus atau suspect masuknya virus korona dari dua tempat yang diawasi KKP, baik di Bandara Internasional Juanda dan Pelabuhan Tanjung Perak.

“Belum ada kasus atau suspect (dugaan). Peningkatan pengawasan terus kami lakukan,” katanya.

Dia bilang, pengawasan terhadap penumpang dari luar negeri, terutama dari negara terpapar seperti Wuhan, Cina, ditingkatkan sejak Rabu (22/1/2020) lalu. Salah satunya dengan terus melakukan pemeriksaan suhu dan visual seluruh penumpang dan juga kru pesawat atau kapal yang masuk ke Surabaya.

Selain KKP, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur ketika dikonfirmasi juga menyatakan, sampai Minggu (26/1/2020) ini belum ada kasus masuknya virus korona di Jawa Timur.

Sebelumnya, Herlin Ferliana Kadinkes Jatim mengatakan, pihaknya sudah menginstruksikan seluruh Rumah Sakit di tiap kabupaten/kota untuk peka pada kasus ini dan menyediakan ruang isolasi khusus.

Pemprov Jatim juga telah menyiapkan ruang isolasi khususbdi tiga rumah sakit, masing-masing yaitu RSUD Dr. Soetomo Surabaya, RSUD Dr. Syaiful Anwar Malang, dan RSUD Dr. Soedono Madiun. Selain itu, di Bandara Juanda juga ada ruang isolasi sementara sebelum nantinya dipindahkan ke salah satu dari tiga RS milik Pemprov Jatim tersebut.(bas/tin)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
26o
Kurs