Kamis, 25 April 2024

Proses Belajar, Dorong Mahasiswa Aktif di Kegiatan Internasional

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Sejumlah mahasiswa asing pada sebuah kegiatan budaya di lingkungan kampus. Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net

Mahasiswa diingatkan Ani Wulandari S.S., M.M., Direktur International Relations Office Universitas Narotama (Unnar) lebih sering mengikuti kegiatan internasional sebagai passion dan proses penting dalam pembelajaran.

Di lingkungan kampus Universitas Narotama, Ani Wulandari dikenal cukup dekat dan akrab dengan banyak mahasiswa asing dari berbagai negara yang sedang, menempuh pendidikan di kampus Universitas Narotama. Ani bertanggungjawab menjalin kerjasama dengan institusi internasional dan mendampingi mahasiswa asing.

“Bekerja di kantor urusan internasional adalah passion. Kita bukan hanya menyediakan paperwork, tapi juga konseling dan mencurahkan perhatian kita pada mahasiswa asing agar nyaman dan belajar dengan seksama di kampus. Mereka juh dari keluarga dan kerabat,” terang Ani alumni Universitas Airlangga ini.

Sesuatu yang biasa, jika dalam tugasnya mendampingi para mahasiswa asing, Ani bekerja hingga dini hari. “Membantu persoalan mahasiswa asing dalam kaitannya dengan perkuliahan bahkan sering kami kerjakan di luar jam kerja. Apalagi jika ada mahasiswa asing yang sakit,” kata Ani.

Karena itu ditegaskan Ani, bahwa bekerja di bagian International Relations Office (IRO) juga dibutuhkan passion, agar pekerjaan itu tidak memberatkan, dan jadi menyenangkan. “Dengan mengikuti kegiatan internasional maka mahasiswa memahami pekerjaan seperti ini. Punya passion untuk pekerjaan ini,” ujar Ani.

Saat ini, dengan posisinya sebagai direktur IRO Universitas Narotama, dirinya ingin membangun harmoni antara mahasiswa asing dan mahasiswa Indonesia serta membangun jembatan antar mahasiswa masing-masing negara yang sedang belajar di Universitas Narotama.

“Para mahasiswa diajarkan etika dan bahasa internasional. Mahasiswa juga diharapkan untuk open mind atau berpikiran terbuka agar bisa berinteraksi dengan sesama mahasiswa yang memiliki latar belakang budaya maupun pengalaman yang berbeda-beda. Ini penting,” tambah Ani.

Ani juga mendorong mahasiswa untuk berkontribusi di kegiatan internasional. Dengan banyak berinteraksi pada kegiatan-kegiatan internasional, diharapkan para mahasiswa asal Indonesia atau mahasiswa asing agar siap dan mampu mengikuti pertukaran pelajar atau mendapatkan beasiswa ke Asia dan Eropa.

“Satu diantaranya adalah Jonianto Montero mahasiswa asal Timor Leste yang kemudian mendapatkan beasiswa program studi Strata 2 ke negara Inggris, ditambah dengan beasiswa non degree ke 3 negara Eropa. Ini sangat luar biasa, dan kami berharap para mahasiswa punya semangat seperti itu. Karena itu kami mendorong mahasiswa aktif di kegiatan internasional,” tegas Ani.

Sementara itu, selain mengajar sebagai dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Narotama, dan Direktur IRO Universitas Narotama, Ani ternyata memiliki channel Youtube untuk aktualisasinya dibidang tarik suara, konten artikel dan copy writer.

“Saat mengajar, tentunya tidak perlu menjadi orang lain. Dan seni memberikan pengalaman untuk menjadi diri sendiri. Dengan cara itu mahasiswa bisa lebih nyaman berinteraksi dan berbagi pandangan dan pengalaman hidup,” pungkas Ani, Jumat (3/1/2020).(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs