Senin, 29 April 2024

Tambak Bayan Bersiap Rayakan Imlek

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Anak-anak yang sedang mempersiapkan diri untuk menampilkan tarian saat perayaan Imlek di Kampung Pecinan Tambak Bayan, Bubutan, Surabaya, Sabtu (18/1/2020). Foto: Baskoro suarasurabaya

Tahun baru Imlek menjadi perayaan wajib bagi masyarakat di Kampung Pecinan Tambak Bayan, Bubutan, Surabaya. Meski Imlek tahun ini baru seminggu lagi, masyarakat Tambak Bayan sudah bersiap.

Salah satunya anak-anak yang sedang mempersiapkan diri untuk menampilkan tarian saat perayaan Imlek. Liem Kem Hao atau akrab dipanggil Cak Gepeng salah satu tokoh pemuda Tambak Bayan mengatakan, latihan tari ini sudah dimulai sejak H-2 minggu Imlek.

“Anak-anak latihan tari. Tari untuk imlekan. Tari modern sih. Yang melatih pemuda Tambak Bayan sendiri. Tiap hari latihan. Sekitar dua minggu sebelum Imlek,” ujar Cak Gepeng pada Sabtu (18/1/2020).

Selain latihan tari, yang khas dari persiapan Imlek di kampung Pecinan ini adalah boneka plastik berbentuk shio. Berdasarkan kalendera China, Imlek akan menandai dimulainya tahun Tikus Logam di tahun 2020.

“Tadi (masyarakat Tambak Bayan, red) juga buat boneka tikus-tikusan dari bola plastik. Bikin sendiri. Sama mulutnya nanti dari gelas aqua,” jelasnya.

Cak Gepeng menjelaskan, pada malam Imlek, warga yang beragama konghuchu akan menggelar sembayang di rumah masing-masing. Keeseokan harinya, ketika perayaan Imlek, biasanya akan ada barongshai keliling kampung dan penampilan tari.

Biasanya, tiap rumah akan menyiapkan angpao. Selain untuk baronghai, angpao juga dibagi-bagikan ke anak-anak kecil yang ada di Tambak Bayan.

“Paginya, hari H imlek baru perayaan. Ada anak-anak kecil ngikutin Barongshai, juga nyari angpao anak-anak kecil itu,” pungkasnya.(bas/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
31o
Kurs