Kamis, 25 April 2024

Taruna Taruni TNI Kunjungi Bhumi Marinir Cilandak

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Taruna Taruni TNI tahun 2019/2020 saat kunjungi Bhumi Marinir Cilandak. Foto: Dispen Kormar

Taruna Taruni TNI, dipimpin Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI Laksamana Madya TNI Aan Kurnia S.Sos., M.M., Rabu (8/1/2020) kunjungi Bhumi Marinir Cilandak.

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) menerima kunjungan Taruna Taruni Akademi TNI Tingkat I Tahun Pendidikan 2019/2020 yang dipimpin Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI Laksamana Madya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M. di Kesatrian Marinir Hartono Bhumi Marinir Cilandak Jakarta Selatan.

Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan: Bhineka Eka Bhakti Akademi TNI 2020.

Kegiatan kunjungan 596 Taruna Taruni diawali dengan menaiki Tank Amfibi dari pintu masuk Ksatrian Hartono untuk melakukan tour facility di Kesatrian Marinir.

Setelah melihat kondisi Markas Pasukan Pendarat, dilanjutkan dengan pengarahan Komandan Korps Marinir di Gedung Balai Prajurit Pasmar 1.

Dalam arahannya Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) Dankormar menyampaikan Sejarah Singkat Korps Marinir. Cikal Bakal Korps Marinir bermula dari tanggal 15 November 1945, dimana nama Corps Mariniers tercantum dalam Pangkalan IV ALRI Tegal sehingga tanggal ini dijadikan sebagai hari lahir Korps Marinir.

Selanjutnya Komandan Korps Marinir kepada Taruna Taruni TNI memberikan motivasi dan memperkenalkan satuan di jajaran Korps Marinir dan berpesan, bahwa apapun pilihan para taruna taruni saat ini intinya adalah sama.

“Pilihan kalian saat ini menjadi Taruna Akademi TNI, apapun matranya baik Darat, Laut dan Udara intinya adalah sama,” tegas Dankormar.

Sebagai calon pemimpin masa depan, lanjut Dankormar tidak bisa serta merta menjadi pemimpin. Tetapi perlu dibekali dengan berbagai kemampuan dan pengetahuan sekaligus selalu berbuat yang terbaik, serta selalu menjaga moralitas.

“Sebagai calon pemimpin TNI yang akan datang tidak bisa serta merta begitu saja, bekali dari sekarang kemampuan dan pengetahuan, selalu berbuat yang terbaik ingin jadi yang terbaik, pelajari ilmu sesuai matra kalian sendiri dengan kecabangan kalian, setinggi apapun pangkat kalian, keterampilan itu akan melekat dan jangan lupa jaga moralitas skill dan moraliti, pedomani saya yakin saya optimis kalian semuanya akan berasil,” tambah Dankormar.

Selanjutnya para Taruna Taruni TNI yang terdiri dari 364 Taruna Taruni TNI AD, 115 Taruna Taruni TNI AL dan 117 Taruna Taruni TNI AU menyaksikan static show material Korps Marinir yang digelar di Lapangan Brigif 1 Marinir.

Guna memberikan pengalaman dan pengetahuan tentang pertempuran para calon Pemimpin TNI ini disungguhkan atraksi Terjun Payung, demonstrasi serbuan oleh para Prajurit Petarung Marinir.

Untuk membangun semangat para Taruna Taruni, dilaksanakan adu yel bersama para prajurit Korps Marinir. Suasanapun menjadi semarak dan penuh gelora ketika mereka saling menunjukkan semangat sebagai para Penjaga Kedaulatan Bangsa dan Negara.(tok/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs