Sabtu, 29 Januari 2022

Ada 30 Kasus Positif Covid-19, Pasar PPI Ditutup

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Ilustrasi. Pasar PPI dan pasar tumpah yang berada di Jalan Gresik dan Jalan Jepara Kecamatan Krembangan tidak boleh beroperasi sejak 15 April 2020 untuk meminimalisir wabah pandemi Covid-19. Foto: Istimewa

Pasar PPI dan pasar tumpah yang berada di Jalan Gresik dan Jalan Jepara Kecamatan Krembangan tidak boleh beroperasi sejak 15 April 2020. Hal ini dilakukan karena ada peningkatan jumlah kasus positif Covid-19 di kawasan tersebut.

Agus Tjahyono Camat Krembangan mengeluarkan surat edaran agar warga yang tinggal di Jalan Gresik PPI Kelurahan Kemayoran agar melakukan physical distancing. Selain itu, pihaknya juga menutup aktifitas pasar PPI mulai 15 April 2020.

“Intinya kita mau memberlakukan physical disyancing di pemukimannya. Karena di situ sampai dengan tadi malam sudah terkonfirmasi ada 30 kasus positif Covid-19,” ujar Agus kepada suarasurabaya.net, Rabu (15/4/2020).

Agus mengatakan, kebijakan menutup Pasar PPI terpaksa juga dilakukan karena untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Pasar itu tempat yang potensial bertemunya banyak orang. Dengan sangat terpaksa kami mengambil langkah menutup pasar PPI dan PKL di sekitarnya juga,” katanya.

Menurut Agus, pada Selasa (14/4/2020) sore pihaknya menerima informasi dari Dinkes Surabaya kalau ada 26 kasus positif Covid-19 di kawasan itu. Lalu, pada Selasa malam dia mendapatkan update kalau sudah bertambah menjadi 30 kasus.

“Informasi dari Dinkes itu 30 orang positif, makanya kami bergerak cepat. Kami harus berkejaran dengan penularan virus ini,” katanya.

Dalam penerapan Pembatasan Sosial selama 14 hari ke depan ini, pihaknya melibatkan pengurus RT agar mengawasi warganya yang keluar masuk pemukiman. Selain itu, pembuatan posko di Pasar PPI sedang dipersiapkan.

“Ditutup mulai besok. Hari ini persiapan seperti posko yang melibatkan tenaga kesehatan dengan APD lengkap. Kalau sudah siap semua besok mulai ditutup,” katanya.

Sementara itu M Taufiqurrahman Direktur Pembinaan Pedagang PD Pasar Surya mengatakan surat dari Kecamatan Krembangan langsung ditujukan kepada para pedagang, termasuk pedagang di Pasar Gresik PPI yang dikelola PD Pasar Surya.

Menurut Taufiqurrahman, PD Pasar Surya bisa menerima dihentikannya operasional pasar Gresik PPI ini.

“Ini juga untuk mencegah penyebaran covid-19 khususnya kepada pedagang yang di pasar Gresik PPI yang dikelola PD Pasar Surya,” ujarnya.

Mengenai jumlah pedagang di pasar Gresik PPI, Taufiqurrahman mengatakan jumlahnya sekitar 30 orang. Mereka berjualan bervariasi. Ada yang berjualan bumbu, ayam dan gerabah.

“Jumlah stannya sekitar 40 dengan jumlah pedagang sekitar 30 orang,” jelasnya. (bid/tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Senja Penutup Tahun

Truk Derek Ringsek Setelah Tabrak Truk Gandeng Parkir

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Surabaya
Sabtu, 29 Januari 2022
24o
Kurs