Sabtu, 20 April 2024

Ada Syarat Rapid Test, Unair Galang Ribuan Bantuan Tes Gratis

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Unair menerima bantuan dari Pemprov Jatim, Minggu (5/7/2020). Foto : Baskoro suarasurabaya.net

Universitas Airlangga menggalang bantuan ribuan alat rapid test dari berbagai pihak untuk memberikan layanan rapid test gratis pada peserta UTBK yang mengikuti ujian di pusat UTBK tersebut.

Prof. Moh Nasih Rektor Unair mengatakan, upaya ini adalah adalah bagian dari tanggung jawab penyelenggara untuk memastikan tidak ada peserta yang gagal ikut ujian hanya karena tidak bisa memenuhi syarat ini.

Sebelumnya, Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya mengeluarkan edaran yang mewajibkan seluruh peserta UTBK menyertakan hasil rapid test nom reaktif saat mengikuti ujian.

“Bagaimanapun kami bertanggung jawab agar UTBK ini bisa dilaksanakan. Sehingga kami berikhtiar, mencari berbagai macam sumber (bantuan). Kita sejak awal berkoordinasi dengan kawan-kawan di Puspas Unair, RS, di berbagai macam mitra yang kami punya. Dan mudah-mudahan dapat sampai di angka 20 ribu,” ujarnya pada Minggu (5/7/2020).

Rapid test gratis untuk peserta UTBK di Unair, Minggu (5/7/2020). Foto : Baskoro suarasurabaya.net

Ia mengatakan, jika Unair bisa mencapai angka 20 ribu rapid test gratis, maka sekitar 60 persen peserta di pusat UTBK Unair. Saat ini, kata Nasih, pihaknya sudah mengumpulkan sekitar 7 ribu kit rapid test.

Jumlah ini merupakan akumulasi dari bantuan yang diberikan Puspas Unair, Badan Intelegen Negara, BPBD Jatim, juga sumbangan dari manajemen dan dosen.

“Belajar dari hari ini, dari dua lokasi yang kita siapkan, baru melayani 60 orang di sesi 1. Dan itu kalau berlangaung terus, 1 hari mungkin 100-200, kita bisa layani sampai akhir UTBK,” jelasnya.

Ia juga kembali mengucapkan terima kasih kepada sejumlah kepala daerah di Jatim yang telah memberikan fasilitas rapid test gratis kepada para peserta UTBK.

Ia mengatakan, meski ada layanan rapid test gratis di Unair, ia mengimbau agar peserta UTBK lebih dulu memanfaatkan fasilitas lain yang juga menggratiskan biaya tes. Namun, jika memang tidak ada, mereka bisa memanfaatkan fasilitas dari Unair.

“Tapi kalau yang bisa di beberapa tempat, monggo disana. Bisa manfaatkan yang lain dulu, yang gak bisa dilayani, baru sini. Untuk antisiapsi keterbatasan petugas,” katanya. (bas/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
33o
Kurs