Jumat, 29 Maret 2024

Anggota DPRD Jatim Dorong Hasil Swab Test Dipercepat Agar Warga Tak Cemas

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Achmad Amir Aslichin Anggota DPRD Provinsi Jatim. Foto: Istimewa

Achmad Amir Aslichin Anggota DPRD Jawa Timur berpendapat, lamanya hasil swab test pasien Orang Tanpa Gejala (OTG), Orang Dalam Pemantauan (ODP), dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 membuat warga cemas meski yang bersangkutan belum tentu positif virus corona.

Amir Aslichin mengungkapkan, banyak contoh kasus meninggalnya seseorang dengan status OTG, ODP dan PDP yang belum diketahui hasil swab testnya. Padahal, pengambilan sampel untuk swab sudah dilakukan sejak lama.

“Akhirnya banyak yang mengira orang yang meninggal itu positif Covid-19,” katanya, Kamis (18/6/2020).

Hasil swab test, imbuhnya, baru muncul setelah dua pekan hingga sebulan. Hal tersebut berdampak pada keluarga pasien yang menunggu hasil swab test. Jika pasien tersebut meninggal, maka pemakaman tetap dijalankan dengan aturan protokol kesehatan.

“Bahkan tetangga pun takut untuk melayat karena belum ada kejelasan positif atau negatif setelah hasil swab test,” ucap lulusan The University of Melbourne, Australia itu.

Menurutnya, keterlambatan hasil swab test berdampak pada spikis keluarga. Kasihan keluarga korban karena dikucilkan oleh masyarakat.

“Sanksi sosial itu sangat membebani keluarga,” ujarnya.

Karena itu, pihaknya meminta kepada pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi dan daerah untuk bisa memberikan hasil cepat pada hasil swab test pasien. Pengadaan alat swab test diharapkan bisa jadi prioritas sehingga kejelasan penyakit pada pasien bisa segera diketahui.

Dia menambahkan, dengan kepastian hasil swab tersebut, maka pihak keluarga dan masyarakat sekitar bisa mengantisipasi sejak dini. Banyak pasien OTG, ODP dan PDP memang membuat antrean hasil swab test menjadi banyak.

“Karena itu pengadaan alat swab test harus diutamakan,” harapnya.

drg Syaf Satriawarman Kepala Dinas Kesehatan Sidoarjo mengakui, selama ini hasil swab test harus menunggu dari pusat dan rumah sakit dr Soetomo di Surabaya. Karena antrean banyak, hasilnya baru bisa diperoleh selama 10 hari hingga dua minggu.

“Paling cepat ya 10 hari karena banyak dari daerah lain yang juga ngajukan swab test,” ujarnya.

Dia menargetkan, Sidoarjo bisa melaksanakan swab test dengan cepat. Dalam waktu dekat hasil swab test bisa dikeluarkan paling lama dua hari.

“Semoga bisa cepat terealisasi. Kita targetkan minggu depan bisa terlaksana,” katanya. (bid/ang/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs