Sabtu, 20 April 2024

BMKG: Hujan Lebat di Beberapa Wilayah, Sebagian Lainnya Cerah Berawan

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Kondisi siang sampai malam hari BMKG memprediksi hujan bakal mengguyur Surabaya. Ilustrasi. Hujan. Grafis: Lukito suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi beberapa wilayah akan mengalami hujan sedang hingga lebat, dengan sebagian besar lainnya secara umum cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan pada hari ini, Senin (7/12/2020).

Dilansir Antara, berdasarkan data keluaran model numerik cuaca BMKG, potensi hujan sedang hingga lebat diprediksi akan terjadi di sebagian wilayah Maluku, Papua dan Papua barat.

Meski demikian, secara umum wilayah di Maluku dan Papua diperkirakan cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan.

Kemudian, sebagian wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT) juga diperkirakan berpotensi hujan sedang hingga lebat, tetapi secara umum wilayah di Bali, NTB dan NTT diprediksi berawan hingga berpotensi hujan ringan.

Selanjutnya, BMKG juga memperkirakan potensi hujan sedang hingga lebat di sebagian Sulawesi Tengah (Sulteng), Sulawesi Tenggara (Sultra) bagian utara dan Sulawesi Selatan (Sulsel), dengan sebagian lainnya secara umum juga cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan.

Untuk cuaca di Pulau Kalimantan, BMKG memprediksi potensi hujan sedang di sebagian Kalimantan Barat (Kalbar), Kalimantan Tengah (Kaltim) dan Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Kalimantan Utara (Kaltara).

Namun demikian, secara umum cuaca di pulau tersebut diprediksi akan cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan.

Kemudian, Pulau Jawa secara umum juga cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan. Namun, sebagian wilayah di Banten, Jakarta, Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng), Yogyakarta dan Jawa Timur (Jatim) berpotensi hujan sedang hingga lebat.

Adapun potensi hujan sedang hingga lebat di Pulau Sumatera diprediksi akan terjadi di sebagian Aceh, Sumatera Utara (Sumut) bagian utara, Bengkulu, Sumatera Selatan (Sumsel) dan Lampung, dengan sebagian lainnya secara umum cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan. (ant/ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs