Sabtu, 20 April 2024

Jokowi Lantik Enam Menteri Baru Rabu 23 Desember

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Joko Widodo Presiden saat mengumukan enam nama calon menteri baru dari Istana Negara, Selasa (22/12/2020). Foto: Youtube Setneg RI

Setelah mengumumkan enam nama menteri baru di Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Joko Widodo (Jokowi) Presiden menyatakan, pelantikan enam menteri akan berlangsung besok, Rabu (23/12/2020).

“Saya rasa itu perkenalan yang bisa saya sampaikan sore hari ini. Dan pelantikan akan dilaksanakan Insyaa Allah besok pagi,” kata Jokowi, Selasa (22/12/2020).

Saat mengumumkan enam nama menteri ini, seperti biasa Jokowi memakai setelan kemeja putih dan celana hitam. Dia didampingi Ma’ruf Amin Wakil Presiden.

“Bapak-bapak, ibu-ibu, saudara-saudara sebangsa dan setanah air. Pada sore yang berbahagia ini saya bersama-sama dengan bapak Wakil Presiden ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota kabinet Indonesia Maju,” ujar Jokowi, Selasa (22/12/2020).

Jokowi kemudian memperkenalkan satu persatu anggota kabinetnya yang baru dengan memanggil menteri baru tersebut.

Yang pertama dipanggil adalah Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya yang diangkat menjadi Menteri Sosial. Risma menggantikan Juliari Batubara yang saat ini terjerat kasus korupsi di KPK.

“Yang pertama ibu Tri Rismaharini. Saya kira kita tahu semua, beliau adalah Wali Kota Surabaya dan saat ini bu Tri Rismaharini kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Sosial,” kata Presiden.

Setelah Risma, Presiden kemudian menyebut menteri yang kedua adalah Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dia menggantikan Wishnutama.

“Kedua, saya ingin mengenalkan, tapi saya kira kita semua sudah tahu yaitu bapak Sandiaga Salahuddin Uno. Beliau adalah dulu Wakil Gubernur DKI Jakarta, ketua HIPMI dan saat ini beliau akan kita berikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” jelasnya.

Menteri ketiga yang disebut Jokowi adalah Budi Gunadi Sadikin. Budi ditunjuk menjadi Menteri Kesehatan menggantikan Terawan Agus Putranto.

“Ketiga, bapak Budi Gunadi Sadikin. Beliau sebelumnya adalah Dirut Bank Mandiri, kemudian menjadi dirut PT Asahan Alumunium dan terakhir menjadi wakil menteri BUMN. Sekarang kita berikan tanggung jawab memimpin Kemenkes,” tegas Jokowi.

Yang keempat adalah Yaqut Cholil Qoumas. Presiden mengangkat Yaqut menjadi Menteri Agama menggantikan Fachrul Razi.

“Beliau adalah tokoh muslim Ketua PP GP Anshor dan akan kita berikan tanggung jawab sebagai Menteri Agama,” kata Jokowi.

Kelima adalah Sakti Wahyu Trenggono. Jokowi menunjuk Trenggono menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) menggantikan Edhy Prabowo yang juga terjerat kasus korupsi di KPK.

“Beliau sekarang ini memegang jabatan Wakil Menteri Pertahanan dan kita berikan tanggung jawab untuk menjadi menteri KKP,” ujar Jokowi.

Dan yang terakhir, Presiden menyebut nama Muhammad Luthfi menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Agus Suparmanto.

“Beliau sebelumnya pernah menjadi kepala BKPM, kemudian Menteri Perdagangan, kemudian Duta Besar Indonesia untuk Jepang dan terakhir Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat. Dan sekarang akan kita berikan tugas memimpin Kementerian Perdagangan,” kata Presiden.(faz/dfn)

Berita Terkait

Risma Jadi Mensos


Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
30o
Kurs