Jumat, 29 Maret 2024

Cegah Covid-19, Warga Jakarta Berinisiatif Sediakan Aneka Tempat Cuci Tangan

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Keran air dan sabun cair untuk cuci tangan yang disediakan warga di Jalan 26, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Foto: Farid suarasurabaya.net

Warga DKI Jakarta dan berbagai daerah lain di Indonesia masih terus berjuang melawan pandemi Covid-19. Gotong royong dan solidaritas masyarakat menjadi faktor penting menghadapi wabah penyakit yang gampang menular itu.

Salah satu bentuk konkret solidaritas yang ada di tengah masyarakat adalah, mulai banyak warga yang berinisiatif menyediakan tempat mencuci tangan untuk umum.

Pantauan suarasurabaya.net, pagi hari ini, Jumat (16/4/2020), di daerah Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, ada sejumlah warga yang sukarela memasang tempat cuci tangan lengkap dengan sabun cair.

Salah satunya ada di Jalan 26. Warga yang tidak mau disebut namanya memasang sebuah bak cuci piring di depan rumahnya. Keran air yang dipasang juga berasal dari dalam rumah. Sedangkan sebotol sabun cair diikat dengan kawat di tiang lampu penerangan jalan.

Di tiang lampu itu ada selembar kertas bertuliskan “Fasilitas Umum untuk mengurangi risiko terkena Virus Corona” yang menandakan tempat cuci tangan itu boleh dipakai semua orang.

Kemudian, di salah satu tempat pengisian bahan bakar minyak daerah Kalimalang, Jakarta Timur, juga tersedia sebuah tong berisi air yang dipasang keran plus sebotol sabun cuci tangan.

Tong berisi air dan sabun cair disediakan untuk cuci tangan di area pengisian BBM, Jalan Inspeksi Kalimalang, Jakarta Timur. Foto: Farid suarasurabaya.net

Selain warga dan perusahaan, ada juga anggota dewan DKI Jakarta yang memberikan sumbangan berupa jeriken berisi air yang sudah dipasang keran, serta sabun cair untuk cuci tangan.

Adi Kurnia Setiadi, Anggota Fraksi Gerindra yang bertugas di Komisi B DPRD DKI Jakarta, memberikan sumbangan sebanyak 35 buah jeriken yang sudah dimodifikasi. Kemudian, seperangkat alat cuci tangan itu disebar ke berbagai lokasi sekitar Kecamatan Duren Sawit dan Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Jeriken dan sabun cair untuk cuci tangan warga sumbangan seorang Anggota DPRD DKI Jakarta, terpasang di sejumlah lokasi Kecamatan Duren Sawit dan Pondok Bambu, Jakarta Timur. Foto: Farid suarasurabaya.net

Sementara itu, di sejumlah perumahan dan perkampungan, sebulan belakangan ini warga terpantau rutin gotong royong membersihkan lingkungan dan menyemprotkan cairan disinfektan ke rumah-rumah. Lalu, ada juga yang membagikan masker gratis kepada orang-orang di luar rumah yang kebetulan tidak pakai masker.

Sebelumnya, Wiku Adisasmito Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menyampaikan cara yang paling aman untuk mencegah penularan Covid-19. Antara lain, dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

Kalau tidak ada sabun dan air, masyarakat bisa menggunakan cairan pembersih (hand sanitizer) sebagai alternatif.

Selain itu, Dokter Wiku juga menyarankan masyarakat untuk segera mandi sesudah dari luar rumah, selalu menjaga jarak fisik dengan orang lain, dan sebisa mungkin menghindari kerumunan. (rid/ang/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs