Kamis, 18 April 2024

Yuk Cuci Tangan untuk Hindari Risiko Virus Corona

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Cuci tangan adalah langkah sederhana namun bisa mengurangi risiko penularan virus corona, seperti direkomendasikan Organisasi Kesehatan Indonesia (WHO).

Menjaga kebersihan tangan secara rutin sangat penting, apalagi setelah memegang instalasi publik, batuk atau bersih, merawat orang sakit. Jangan lupa bersihkan tangan sebelum, saat dan setelah menyiapkan makanan serta setelah memakai toilet.

Tentu saja tangan juga harus dibersihkan saat terlihat kotor juga setelah memegang binatang dan membersihkan kotoran hewan.

Cucilah tangan dengan air dan sabun, lalu bilas dan keringkan. Selain sabun, cuci tangan juga bisa dilakukan dengan pembersih berbahan dasar alkohol.

Setidaknya butuh waktu 20 detik untuk mencuci tangan. Basahi tangan, gosok dengan sabun hingga merata. Gosok pula area di antara jari, punggung tangan dan ujung jari lalu bilas dengan air, serta keringkan.

Hindari menyentuh bagian mata, hidung atau mulut tanpa pelindung karena dapat meningkatkan risiko penularan. Bukan cuma manusia sakit yang harus dihindari, Anda juga sebaiknya menjauhi hewan ternak atau hewan liar yang sedang sakit.

Sebelumnya, Amin Soebandrio Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman mengatakan bahwa mencuci tangan sebelum memegang mulut, hidung, dan mata merupakan cara utama mencegah penularan virus corona jenis baru (2019-nCov), yang telah menimbulkan wabah di sebagian wilayah China dan menyebar ke 24 negara lain.

“Kalau penderita bersin lalu ada tetesan yang jatuh ke meja kita sekarang ini lalu orang memegangnya, maka orang itu bisa kena, atau orang batuk di bus atau kereta sudah menutup mukanya tapi lalu memegang gantungan kemudian setelah ia turun orang memegang gantungan, bisa menular kalau orang itu langsung memegang mulut, hidung, mata. Jadi cuci tangan itu penting,” kata Amin di Kantor Staf Presiden (KSP) Jakarta, Kamis.

Amin Soebandrio menjelaskan bahwa virus corona tidak bisa hidup lama di luar sel.

“Virus corona tidak bisa hidup di luar sel yang kering, hanya bisa hidup di situ satu hari, jadi tidak bisa masuk ke tubuh. Maka yang penting cuci tangan,” katanya.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
31o
Kurs