Kamis, 25 April 2024

Cegah Hoax, Saring Sebelum Sharing Penting ditengah Pandemi Covid-19

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Eko Setiawan dari Diskominfo Jawa Timur pada Zoom Meeting Unitomo mengupas Hoax ditengah pandemi Covid-19. Foto: Humas Unitomo

Zoom Meeting Unitomo kupas Media dan Turbulensi Informasi dalam Pandemi Covid-19, dan mengemuka dari masing-masing nara sumber tentang pentingnya saring sebelum sharing agar terhindar hoax atau berita tidak benar.

Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) bersinergi dengan Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Jawa Timur (Diskominfo Jatim) gelar Kopilaborasi lewat Zoom Meeting dengan tema Media dan Turbulensi Informasi dalam Pandemi Covid-19.

Diikuti sekitar 300 partisipan Zoom Meeting yang digagas Universitas dr Soetomo (Unitomo) Surabaya ini menghadirkan nara sumber Eko Setiawan, Kasi Sumber Daya Komunikasi Publik Diskominfo Jawa Timur bersama Eko Pamuji, Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, dan Meithiana Indrasari, Wakil Rektor Unitomo serta Zulaikha, Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Unitomo.

Pada paparannya, Eko Setiawan nara sumber yang juga menjabat Kasi Sumber Daya Komunikasi Publik Diskominfo Jawa Timur mengatakan pihak Diskominfo Jatim menginisiasi website info Covid-19 sejak wabah resmi berubah menjadi pandemi.

“Dalam mengantisipasi informasi hoax ataupun disinformasi, kami menganalisa setiap informasi yang ada dan membuat cyber hoax guna memberikan informasi yang benar kepada masyarakat,” terang Eko Setiawan.

Senada dengan itu, Eko Pamuji Sekretaris PWI Jawa Timur memberikan himbauan secara khusus pada wartawan yang melakukan peliputan tentang pandemi Covid-19 agar menyajikan berita yang menarik namun tetap memberikan nuansa yang menyejukkan.

“Kami mengedukasi wartawan untuk menyiapkan dan membuat berita terkait wabah ini secara berimbang agar tidak menimbulkan keresahan dan kepanikan masyarakat. Karena berita yang menyejukkan cenderung menenangkan, dan menenangkan ini bagian dari penyembuhan,” papar Eko Pamuji yang juga praktisi media ini.

Dari kalangan akademisi, Meithiana Indrasari Wakil Rektor Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) bersama Zulaikha Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Unitomo sepakat bahwa media punya kewajiban untuk mengedukasi masyarakat saat menyikapi informasi agar saling mengingatkan dalam menyampaikan berita terkait Covid-19.

Meithiana Indrasari menegaskan, saring sebelum sharing dalam menerima dan meneruskan berita menjadikan bagian yang sangat penting untuk dipahami juga oleh masyarakat.

“Jika ada informasi yang kita terima melalui WhatsApp dan belum diketahui sumbernya valid atau tidak, segera kita cek fakta melalui link-link resmi pemerintah. Ini penting juga dipahami oleh masyarakat luas. Saring sebelum sharing menjadi sangat penting dilakukan,” tegas Meithiana, Kamis (14/5/2020).(tok/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs