Selasa, 26 Oktober 2021

Dampak Covid-19, YDSF Distribusikan Sembako untuk Pekerja Harian

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
YDSF berikan paket sembako bagi pekerja harian terdampak pandemi Covid-19. Foto: Humas YDSF

Yayasan Dana Sosial Al Falah (YDSF) distribusikan sembako bagi warga masyarakat terdampak pandemi Covid-19, Rabu (1/4/2020). Bantuan sembako bagi pekerja harian.

Memberikan bantuan sembako kepada warga masyarakat terdampak Covid-19, seperti para pekerja harian yang menurun drastis penghasilannya, Rabu (1/4/2020) Yayasan Dana Sosial Al Falah (YDSF) bergerak menyalurkan bantuan.

Yayasan Dana Sosial Al Falah (YDSF) bekerjasama dengan Kitabisa.com merespon kondisi itu dengan menyalurkan bantuan paket sembako kepada para pekerja harian diantaranya ojek online, pedagang sayur, abang becak.

Sholehudin satu diantara awak ojek online yang biasa mangkal di daerah Dharmawangsa, Surabaya, siang itu kaget menerima bantuan tersebut. Menurutnya dampak Convid-19 membuat pendapatannya sebagai driver ojol menurun drastis.

“Sebelum ada wabah Corona, sehari bisa Rp 150 ribu bersih. Setelah ada virus Corona, dan terus menerus munculnya berbagai aturan dari pemerintah, dan penghasilan kami para pengemudi ojek online dalam sehari hanya menghasilkan Rp 50 ribu saja,” terang Sholehudin.

Cerita duka lainnya terkait pandemi Covid-19 juga dialami Siti Aminah, 50 tahun penjual Rujak keliling, yang mengaku pendapatan sehari-harinya turun lebih dari separo. Sebelum ada wabah Corona hasil jualannya antara Rp 70 ribu sampai Rp 80 ribu setiap hari.

“Pelanggan Rujak nggak berani keluar rumah pada takut Corona, katanya gitu. Penghasilan dari jualan Rujak keliling ke kampung-kampung akhirnya ikut anjlok. Terasa banget penghasilan sehari-hari berkurang sekali,” kata Siti Aminah.

Disampaikan Arif Susanto, Koordinator Satgas Covid-19 YDSF, bahwa pada tahap pertama ini, YDSF menyalurkan bantuan sekitar 200 paket. Bantuan itu disebar ke beberapa titik di wilayah Kota Surabaya dan Sidoarjo.

“Paket sembako berisi beras 10 kg, mie instant, kecap, sarden, abon, minyak goreng dan gula. Dan paket sembako itu kami sebar di sejumlah titik di wilayah Surabaya dan di beberapa titik kawasan Sidoarjo,” terang Arif Susanto.

Target bantuan yang akan disalurkan untuk masyarakat terdampak wabah virus Corona, lanjut Arif, sekurangnya 3.900 paket. Bantuan itu akan didistribusikan melalui kantor perwakilan YDSF di seluruh Indonesia.

Sementara itu disampaikan Agung Wicaksono Direktur Pelaksana YDSF bahwa bantuan sembako tersebut merupakan bentuk responsifitas YDSF bersama Kitabisa.com, terkait dampak Covid-19 khususnya bagi masyarakat kecil seperti para pekerja harian tersebut.

“Kami ingin hadir di tengah-tengah masyarakat yang saat ini pekerjaan dan pendapatan mereka diuji dengan pandemi Covid-19 ini. Kami berharap bantuan ini meringankan beban keluarga mereka, apalagi sebentar lagi bulan Ramadhan,” tegas Awiek, sapaan Agung Wicaksono.(tok/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Muat BBM Terbakar di Tol Pandaan

Truk Terguling di Lawang Malang

Truk Terguling Menimpa Taksi di Medaeng

Surabaya
Selasa, 26 Oktober 2021
30o
Kurs