Kamis, 25 April 2024

Ditunjuk Jadi Tempat Tes Corona, Unair Nyatakan Siap

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Muhammad Nasih Rektor Universitas Airlangga yang juga Ketua Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Foto: Dok./Baskoro suarasurabaya.net
Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menyatakan kesiapannya usai Rumah Sakit Unair ditunjuk Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menjadi tempat tes terkait virus corona atau COVID-19.

“Sesuai dengan komitmen Unair, kami senang dapat berpartisipasi dan berkontribusi dalam penanganan salah satu permasalahan yang dihadapi bangsa ini yakni COVID-19,” kata Mohammad Nasih Rektor Unair di Surabaya, Sabtu (14/3/2020).

Unair berterima kasih kepada Pemerintah, utamanya Presiden Joko Widodo dan Kemenkes atas kesempatan yang diberikan kepada kampusnya dalam hal ini Institut of Tropical Disease (ITD).Pihaknya berjanji memberikan dan melakukan yang terbaik untuk bangsa Indonesia.

“ITD Unair bekerja sama dengan Kobe University berhasil mendapatkan reagen untuk memeriksa dan mendeteksi COVID-19. Reagennya yaitu premier spesifik yang bisa digunakan untuk mengidentifikasi seseorang yang suspect atau positif COVID-19,” ujarnya.


Nasih menambahkan, atas mandat yang diberikan oleh Kemenkes ini, Rumah Sakit Unair bersama ITD Unair akan berkolaborasi untuk mengidentifikasi keberadaan virus corona.

“Identifikasi yang dilakukan RS Unair tidak memerlukan waktu yang lama.

Di lingkup internal, kemampuan Unair dalam mendeteksi virus corona tidak terlepas dari kerja sama berbagai pihak seperti RS Unair, RSUD dr Soetomo, ITD, dan para pakar dan ahli yang kami miliki,” ujarnya.

Selain itu, Unair akan membuka peluang kerja sama seluas-luasnya jika ada universitas atau rumah sakit yang memiliki pasien yang masih dalam status suspect atau positif untuk bisa dibawa ke Unair melalui proses identifikasi atau deteksi COVID-19.

Sebelumnya, sejak kemunculannya di Indonesia, tes Virus Corona hanya bisa dilakukan di Balitbangkes Kemenkes. Kini Presiden Joko Widodo memerintahkan tes pemeriksaan COVID-19 dapat dilakukan di luar lingkungan Kemenkes.

Dikatakan Presiden bahwa Menkes Terawan Agus Putranto akan mengurus secara teknis pelaksanaan tes-tes di luar lingkungan Kemenkes seperti Rumah Sakit Universitas Airlangga hingga lembaga Eijkman.(tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs