Kamis, 25 April 2024

Pemkot Surabaya Serahkan Bantuan APD Khusus COVID-19 ke RS Unair

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Petugas Dinkes Surabaya menyerahkan bantuan APD ke RS Unair. Foto: Istimewa.

Pemkot Surabaya menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) kepada Rumah Sakit Universitas Airlangga (Unair) yang menjadi pusat penanganan virus Corona atau COVID-19, Kamis (12/3/2020). APD yang diberikan terdiri dari masker hingga baju pelindung.

Febria Rachmanita Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya mengatakan, bantuan itu berdasarkan surat permohonan bantuan yang dikirimkan sebelumnya oleh pihak RS Unair kepada Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya.

“Jadi, pihak rumah sakit Unair mengirimkan surat permohonan bantuan APD kepada Wali Kota, dan hari ini kami penuhi yang diminta itu,” kata Feny-sapaan Febria Rachmanita.

Menurut Feny, dalam surat permohonan bantuan itu, mereka memohon untuk dibantu beberapa APD, di antaranya Gown Cover All, masker N95, surgical mask, dan kacamata goggle. Hari ini, pemkot menyerahkan bantuan Gown Cover All sebanyak 50 set, masker N 95 sebanyak 50 buah, surgical mask sebanyak 2.500 lembar, dan kacamata goggle sebanyak 25 buah.

Feny menjelaskan, fungsi-fungsi dari APD tersebut yakni Gown cover all adalah baju pelindung untuk mencegah masuknya kuman dan virus, masker N95 adalah masker yang menutup hidung dan mulut yang berfungsi untuk menyaring kuman, virus dan partikel debu. Sedangkan surgical mask adalah masker penutup hidung dan mulut yang berfungsi menyaring percikan air liur atau dahak yang dikeluarkan oleh pasien, dan kacamata goggle adalah kacamata yang melindungi mata dari debu dan bahan kimia cair.

“Alat-alat ini memang sangat berfungsi dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19. Apalagi RS Unair merupakan pusat penanganan virus corona ini,” katanya.

Feny kembali mengingatkan apa yang disampaikan Wali Kota Risma beberapa waktu lalu. Saat itu, Wali Kota Risma menyampaikan bahwa warga yang baru pulang dari luar negeri untuk segera memeriksakan dirinya ke RS Unair, karena barangkali terjangkit virus corona itu.

“Sekali lagi kami mengingatkan dan meminta warga untuk memeriksakan kondisi tubuhnya ke RS Unair apabila ada gejala-gejala seperti virus corona. Apalagi pemeriksaan sudah gratis seperti yang disampaikan Bu Wali beberapa waktu lalu,” katanya. (bid/ang/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
28o
Kurs