Sabtu, 20 April 2024

Dradjad: Potong Birokrasi atau Desentralisasikan Tes Covid-19

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Dradjad Hari Wibowo ekonom senior Indef Foto: Faiz suarasurabaya.net

Dradjad Hari Wibowo Ekonom Senior Indef mengatakan, hari ini, Jumat (10/4/2020) Jakarta mulai menjalankan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Daerah lain juga meminta atau menimbang mengajukan PSBB.

Tujuan PSBB adalah menekan penyebaran SARS-CoV-2 dari satu orang ke orang lain. Efektifkah? Menurut Dradjad, ada dua titik lemah yang harus segera diatasi.

Pertama, kata dia, masih belum diketahui secara pasti jumlah kasus positif Covid-19, karena minimnya tes yang dilakukan.

“Kita tidak tahu dengan pasti berapa sebenarnya jumlah kasus positif korona di Jakarta dan Indonesia. Dengan sangat minimnya jumlah tes, tentu ada sejumlah kasus yang tidak terdeteksi, entah berapa jumlahnya,” ujar Dradjad dalam pesan singkatnya kepada suarasurabaya.net, Jumat (10/4/2020)

Sebagai indikasi, kata dia, banyak sekali jenazah yang dimakamkan dengan prosedur Covid-19 di Jakarta, yang belum diketahui positif tidaknya. Hal yang sama bisa terjadi di daerah lain.

Kemudian yang kedua, aktifitas warga Jakarta sejak Senin 6 April lalu terlihat masih terlalu tinggi untuk pengendalian wabah. Di daerah lain juga sama.

“Tanpa tahu berapa, siapa dan di mana orang yang positif korona, sementara aktifitas penduduk masih tinggi, bagaimana bisa memotong penularan?” kata Dradjad yang juga Ketua Dewan Pakar PAN ini.

Jadi, menurut dia, langkah awalnya memang deteksi dini dengan melakukan tes Covid-19 sebanyak mungkin dan secepat mungkin.

Sayangnya, selain terlalu sedikit, tes ini justru sangat lambat. Itu satu di antara keluhan Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat.

Dradjad menegaskan, tes Covid-19 yang sedikit dan lambat, akan berpengaruh juga pada perekonomian.

“Jangan dikira tes korona yang terlalu sedikit dan lambat tidak berdampak besar terhadap perekonomian. Justru dampaknya sangat besar. Dia menjadi pintu pertama, apakah wabah akan terkendali atau meledak,” kata dia.

Menurut Dradjad, jika program tes berhasil, diikuti disiplin masyarakat dan pelayanan kesehatan yang bagus, wabah berpeluang dikendalikan. Aktifitas ekonomi dan bisnis bisa berputar kembali.

“Jika wabah meledak, lihat saja bagaimana Lombardia Italia,” tegasnya.

Selain itu, kata dia, tes yang cepat juga sangat penting bagi perawatan pasien, termasuk berpengaruh ke ekonomi.

“Jangan lupa, tingkat fatalitas kasus Covid-19 di Indonesia tergolong tinggi. Kita sudah kehilangan banyak SDM unggul. Mulai dari dokter/perawat, akademisi, pilot, birokrat senior hingga pengusaha sukses seperti di Semarang. Kerugian ekonominya tidak terhitung,” ujar Dradjad.

Sayangnya prosedur pemeriksaan yang diatur dalam Kepmenkes No. HK.01.07/Menkes/182/2020 tanggal 16 Maret 2020 cenderung sentralistis dan birokratis.

“Keputusan positif tidaknya satu spesimen hanya di tangan Balitbangkes bersama Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P). Rute yang harus dilalui spesimen pun panjang. Yaitu, dari rumah sakit rujukan ke laboratorium pemeriksa, lalu ke Laboratorium Pusat Penyakit Infeksi Prof Dr Oemijati, lalu ke pimpinan Balitbangkes dan Ditjen P2P, baru kembali ke Dinkes, terus ke rumah sakit rujukan. Jika spesimen berasal dari RS non-rujukan, apalagi puskesmas, jalurnya lebih panjang lagi,” jelasnya.

“Contohnya, spesimen dari Sulut harus dikirim ke Balai Besar Laboratorium Kesehatan Makassar, lalu mengikuti jalur panjang di atas. Berapa waktu yang habis dalam perjalanan?” kata Dradjad.

Belum lagi, Kepmenkes di poin 8 mengatur, seluruh pembiayaan pemeriksaan dibebankan ke DIPA masing-masing laboratorium.

“Lha anggaran mereka cekak, biaya tes mahal, lalu mereka bisa nge-tes berapa banyak dan berapa cepat?” tanya Dradjad.

Kementerian BUMN baru saja mendatangkan 18 unit Roche LightCycler dan 2 MagNa Pure LC. Keduanya alat RT-PCR (reverse transcription polymerase chain reaction) yang berstandar dunia. Ke-20 alat itu akan disebar ke RS BUMN di berbagai provinsi.

Menurut dia, langkah di atas patut diapresiasi. Tapi jika spesimennya dan keputusannya terhambat birokrasi, alat di atas kurang maksimal perannya.

Karena itu, Dradjad menyarankan untuk memotong birokrasi dan melakukan langkah desentralisasi pemeriksaan Covid-19.

“Potong birokrasi tes RT-PCR Covid-19 ini. Jika perlu, lakukan desentralisasi pemeriksaan. Beri pemerintah daerah anggaran Covid-19 yang cukup. Jangan beban PSBB ditimpakan ke daerah, tapi anggaran Covid-19 tersentralisasi,” tegasnya.

Kemudian, kata dia, Kemenkes mengoordinasikan dan mengontrol kualitas pemeriksaan.

“Kita perlu cepat. Jangan birokratis di tengah ancaman wabah,” pungkas Dradjad. (faz/ang/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
30o
Kurs