Selasa, 23 April 2024

Dua Produk Inovasi Unair dalam Bidang Penanganan Covid-19 Ikut Dilaunching Presiden di Harkitnas

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Joko Widodo Presiden meluncurkan sejumlah produk inovasi via daring dalam momentum Hari Kebangkitan Nasional tahun 2020 pada Rabu (20/5/2020). Foto: Istimewa

Joko Widodo Presiden meluncurkan sejumlah produk inovasi via daring dalam momentum Hari Kebangkitan Nasional tahun 2020 pada Rabu (20/5/2020). Diantaranya ada dua produk kolaboratif Universitas Airlangga terkait penanganan pandemi Covid-19 yang ikut dilaunching oleh Jokowi. Agenda bertajuk “Kebangkitan #Inovasi Indonesia, Peluncuran Produk Inovasi Covid-19” ini diinisiasi oleh Kementerian Riset dan Teknologi bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Dalam paparan pembukanya, Bambang Brodjonegoro Menristekbrin menyampaikan, sejumlah perguruan tinggi negeri menjadi salah satu mitra kolaboratif dalam menemukan produk inovatif. Khususnya untuk menghadapi pandemi Covid-19. Beberapa di antaranya adalah Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Airlangga (UNAIR).

“Dalam pengertian produk inovasi itu, setidaknya memiliki dua nilai. Pertama adalah kebaruan. Dan yang kedua adalah nilai tambah (nilai kebermanfaatan, red),” ujarnya secara daring dari Jakarta.

Selain perguruan tinggi, Kemenristekbrin juga menggandeng sejumlah kementerian lain serta badan dan lembaga. Di antaranya, Kementerian BUMN, Kemenetrian Kesehatan, Kementerian Perindustrian, dan kementerian lain. Termasuk Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia badan, serta badan dan lembaga lainnya.

“Dalam masa pandemi, Kemenristekbrin bersama dengan pihak terkait berhasil meluncurkan Sembilan produk terkait dengan penanganan Covid-19,” tuturnya.

Konsorsium riset dan inovasi Covid-19 itu, sebut Bambang, antara lain, Rapid Diagnostics Test IgG/IgM COVID-19, Imunomosulator Herbal Asli Indonesia, Plasma Covalesence, Mobile Lab BSL-2, Sistem AI untuk Deteksi COVID-19, Medical Assistant Robot RAISA, dan Powered Air Purifying Respirator. Termasuk beberapa produk riset dan inovasi yang lain.

Diantara produk-produk tersebut, Unair mencatatkan dua produk riset dan inovasi yaitu Rapid Diagnostics Test IgG/IgM COVID-19 dan Robot medical Assistant ITS-Airlangga (RAISA) yang merupakan produk inovasi kolaboratif antara UNAIR dan ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember). Robot itu mampu memberikan pelayanan kepada pasien yang sedang diisolasi, seperti mengantar makanan, pakaian, maupun obat-obatan.

Dalam keterangannya, Jokowi menyampaikan optimisme terkait dengan kemandirian bangsa Indonesia menghadapi Covid-19 dengan sejumlah produk riset dan inovasi. Pandemi Covid-19, termasuk Hari Kebangkitan Nasional, menjadi salah satu momentum kebangkitan inovasi nasional.

“Kita harus mulai menanamkan kebanggaan terhadap pemanfaatan produk-produk dalam negeri,” pungkasnya. (bas/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
30o
Kurs