Kamis, 25 April 2024

Untuk Indonesia Dr. Soetomo Bangkit, Peringati Hari Kebangkitan Nasional

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Bahrul Amiq Rektor Unitomo saat talkshow memperingati Hari Kebangkitan Nasional. Foto: Humas Unitomo

Memperingati Hari Kebangkitan Nasional, Rabu (20/5/2020) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Surabaya gelar talkshow online bertema Untuk Indonesia Dr. Soetomo Bangkit. Kembangkan nasionalisme lewat pendidikan.

Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) memberikan arti mendalam bagi Universitas Dr Soetomo (Unitomo) Surabaya, Bachrul Amiq Rektor Unitomo Surabaya mengingatkan semangat kampus kebangsaan dan kerakyatan ini untuk mampu mengembangkan dan mengimplementasikan konsep nasionalisme berbasis pendidikan kepada masyarakat bawah terutama di Jawa Timur.

“Meski kita dihadapkan Pandemi Covid-19 yang secara global mempengaruhi banyak sektor termasuk pendidikan, namun peringatan ini ada di program kegiatan tahunan dan kami jadikan setiap Harkitnas menjadi hari rayanya, agar jiwa nasionalisme para Soetomo muda tetap membara,” terang Bachrul Amiq saat talkshow peringatan Harkitnas ditengah Pandemi Covid-19, Rabu (20/5/2020).

Tahun ini, Unitomo bersama seluruh civitas akademika menggelar talkshow secara online melalui perpaduan beberapa platform seperti Zoom, Youtube, dan Instagram.

Selain Rektor, hadir dalam talkshow online beberapa Guru Besar (Gubes) dari beberapa fakultas diantaranya, Prof. Eddy Yunus dan Prof. Aminullah Assagaf, Gubes Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) bersama Prof. Sedarmayanti, Gubes Fakultas Ilmu Administrasi (FIA), serta Prof. Irawan Soerodjo, Gubes Fakultas Hukum (FH) sebagai narasumber, juga perwakilan Putra Putri Kampus, Mhd. Aggil Kesuma dan Hany Irsalina serta Bella Arya Kusuma mewakili kaum milenial.

Prof. Eddy Yunus menyampaikan di tengah kondisi pandemi Covid-19 seperti ini, harus pandai-pandai melihat peluang yang ada untuk memertahankan aspek ekonomi. “Semua kegiatan harus tetap berjalan, namun kita wajib melakukan inovasi dalam melakukan pekerjaan dan beradaptasi dalam keadaan yang baru ini,” ujar Eddy Yunus.

Senada dengan Prof. Eddy Yunus, Prof. Aminullah Assagaf menambahkan dalam aspek pendidikan, Unitomo merespon keadaan pandemi dengan tetap memerhatikan keadaan mahasiswa agar bisa tetap menjalankan perkuliahan dengan sistem daring.

“Dalam nuansa Kebangkitan Nasional, Unitomo tetap teguh membawa semangat Dr. Soetomo untuk mencerdaskan generasi muda. Para Soetomo Muda diakrabkan dengan pendidikan berbasis online dan digital,” kata Aminullah Assagaf.

Sementara Bella Arya Kusuma, Mahasiswa FIA menyampaikan bahwa Kampus Kebangsaan dan Kerakyatan memberikan segala alternatif untuk mahasiswa agar tetap bisa melakukan kegiatan akademisnya di tengah Pandemi Covid-19 ini.

“Saya yang sedang di semester akhir ini merasakan sendiri, melalui beberapa platform kekinian saya tetap bisa melaksanakan bimbingan skripsi, jadi masa Pandemi seperti ini saya tetap menerima hak akademik untuk menyelesaikan tugas akhir saya,” pungkas Bella Arya Kusuma, Rabu (20/5/2020).(tok/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs