Kamis, 25 April 2024

Dukung Dunia Pendidikan, Kadin Jatim Jalin Kerjasama dengan Unesa

Laporan oleh Achmad Zainal Alim
Bagikan
Penandatanganan MoU, Adik Dwi Putranto, SH Ketua Umum Kadin Jatim bersama Rektor UNESA Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes. Foto: Istimewa

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur berkomitmen mendukung pengembangan penelitian dan inovasi yang dilakukan oleh dunia pendidikan. Setelah melakukan kerjasama dengan Universitas Airlangga Surabaya, kali ini Kadin Jatim menjalin kerjasama dengan Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Kerjasama ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman yang dilakukan oleh Rektor Universitas Negeri Surabaya, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes. dengan Ketua Umum Kadin Jatim Adik Dwi Putranto di Kampus Unesa Jalan Lidah Wetan Surabaya pada hari ini, Kamis (17/9/2020).

Adik mengatakan, kerjasama yang dibangun ini melingkupi bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia serta Pengabdian Masyarakat dan Bidang lainnya.

“Ada banyak yang bisa dikerjasamakan dengan Unesa, mulai dari hasil penelitian hingga inovasi teknologi terapan. Karena industri membutuhkan inovasi teknologi agar bisa bersaing di pasar internasional,” tegas Adik.

Apalagi sejauh ini sudah banyak inovasi yang dihasilkan Unesa, diantaranya penelitian tentang daun kelor yang akhirnya bisa dijadikan minuman teh herbal hingga krekers yang bisa membantu mengatasi tingkat kekurangan gizi dan sunting di masyarakat.

Selain itu juga ada penelitian tentang biji rambutan yang bisa diolah menjadi brownis dan kue kering. Di bidang kecantikan, ada produk inovasi dengan menggunakan nanomaterial emas Nano Gold dan Nano Silver untuk mencegah terjadinya kanker.

Di bidang otomotif, inovasi yang telah dilakukan adalah mobil dan sepeda motor listrik, klanpot ramah lingkungan dan lain sebagainya. Dan yang tidak kalah kerennya adalah inovasi Robot Kece 1 dan Robot Kece 2 untuk membantu tenaga medis di rumah sakit dalam menangani pasien Covid-19.

Lebih lanjut Adik mengatakan bahwa kerjasama dengan Unesa sebenarnya sudah terjalin sejak lama. Kerjasama tersebut terkait tentang pelatihan pelatih tempat kerja dalam program penerapan pendidikan vokasi sistem ganda di Sekolah Menengah Kejuruan di Jatim. Program ini terlaksana atas sopport dari IHK Trier Jerman.

“Kami juga telah menjalin kerjasama dengan Universitas Ciputra tentang pengembangan bisnis dan pariwisata. Kadin Jatim juga berencana menjalin kerjasama pengembangan teknologi pertanian dengan tiga universitas lainnya, yaitu dengan Universitas Brawijaya Malang, Poltek Universitas Negeri Malang dan UPN,” tambah Adik.

Rektor Unesa, Prof Dr. Nur Hasan mengatakan selama ini Unesa berkomitmen untuk menjadi sumber inovasi dan solusi problematika bangsa. Untuk itu, Unesa selalu menjaga budaya penelitian serta menyajikan hasil penelitian dan inovasi.

“Inovasi akan berharga apabila mampu menjadi solusi persoalan yang berkembang. Untuk itu, di masa pandemi Covid-19 ini Unesa menfokuskan pada inovasi yang mendukung penanganan dan pencegah Covid-19, salah satunya yaitu Robot kece generasi 1 dan Robot Kece generasi 2.

“Robot kece generasi 2 ini sudah mengalami pembaharuan dan penambahan berbagai fitur.Salah satunya yaitu musik untuk terapi relaksasi pasien Covid-19 untuk meningkatkan imun tubuh, termasuk untuk tim medis,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Menristek Dikti Bambang Brodjonegoro mengatakan bahwa inovasi sangat dibutuhkan oleh negara untuk dilakukan lebih serius. Karena inovasi bisa mengubah ekonomi berbasis alam menjadi ekonomi berbasis inovasi. “Kita masih di posisi midle income sejak puluhan tahun yang lalu dan untuk bisa keluar dibutuhkan inovasi,” tegas Bambang.

Oleh sebab itu, ia meminta Perguruan Tinggi melahirkan teknologi tepat guna. Teknogi yang dibutuhkan masyarakat, murah dan bisa membantu perekonomian masyarakat pedesaan dan mampu menciptakan nilai tambah.

“Hal ini juga akan menghasilkan substitusi impor dan meningkatkan lokal konten. Ini terbukti dari apa yang kita kerjakan selama Covid-19 untuk substitusi impor baik untuk alat kesehatan maupun obat,” pungkasnya.(lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs