Kamis, 18 April 2024

Gawat! Stok Darah di PMI Surabaya Menipis

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Penurunan perolehan donor darah di UTD PMI Surabaya sampai dengan 40%. Penurunan itu harus diantisipasi agar stok darah tetap aman. Foto: Totok suarasurabaya.net

Stok darah di PMI Surabaya menipis pada Kamis (5/11/2020). Kepada masyarakat luas diharapkan segera mendonorkan darahnya. Demi menjaga ketersediaan darah sekaligus demi kemanusiaan.

dr. Martono Kepala Bagian Pelayanan PMI Kota Surabaya, membenarkan bahwa stok darah saat ini menipis dan jauh dari persediaan normal pada hari-hari biasa.

“Di masa pandemi dalam sehari biasanya kami peroleh sekitar 400 bags darah. Hari ini, catatan kami hanya ada kurang dari 100 bags saja untuk total keseluruhan stok darah. Ini sangat minim, dan butuh segera ditambah, ” terang dr. Martono.

Info stok darah PMI Surabaya. Foto: Humas PMI Surabaya

Dari catatan yang ada, stok darah di PMI Surabaya tercatat hanya 73 kantong. “Itu total seluruh golongan darah, dan catatan pada pukul 07.30, bisa jadi saat ini semakin menipis jumlah persediaan kami, ” tambah dr. Martono.

Demikian halnya dengan ketersediaan plasma konvalesen, ditambahkan dr. Martono saat ini hanya tersedia 14 kantong. Menurutnya jumlah itu sangat jauh di bawah kebutuhan normal sehari-hari.

“Oleh karena itu, kami tetap butuhkan donor sesegera mungkin, karena stok persediaan darah untuk seluruh golongan darah sedang menipis. Sangat menipis,” tegas dr. Martono.

Sementara itu, dr. Martono mengingatkan bahwa meskipun pandemi Covid-19 masih belum usai, donor darah tetap aman dan sehat.

“Selain memang pendonor wajib mengikuti pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu, kami juga telah menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Jadi tidak perlu ragu dan khawatir,” pungkas dr. Martono.(tok/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
28o
Kurs