Kamis, 25 April 2024

Gugus Tugas Covid-19 Minta Korps Marinir Mengajak Masyarakat Jatim Patuhi Protokol Kesehatan

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Letjend Doni Monardo Kepala Gugus Tugas Covid-19. Foto : Antara

Doni Monardo Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengungkapkan, Jawa Timur merupakan salah satu daerah yang peningkatan kasusnya cukup signifikan.

Untuk menekan kasus Covid-19, Doni menegaskan perlunya keterlibatan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Korgabwilhan) Dua yang terdiri dari unsur TNI.

Nantinya, Anggota Korgabwilhan Dua, berperan membantu Pemerintah Provinsi, kabupaten/kota untuk menata kembali upaya pencegahan penyebaran wabah penyakit akibat Virus Corona.

Dengan keterlibatan Korgapwilhan Dua, diharapkan pemerintah daerah bisa memanfaatkan unsur-unsur TNI yang ada di Jawa Timur, khususnya jajaran Korps Marinir TNI Angkatan Laut.

Kata Doni, Marinir punya tugas khusus mengajak masyarakat mematuhi protokol kesehatan. Sehingga tidak perlu sampai ada penegakan hukum yang berlebihan.

Pernyataan itu disampaikan Doni Monardo, siang hari ini, Senin (11/5/2020), dalam keterangan pers melalui video konferensi, dari Graha BNPB, Jakarta Timur.

“Diharapkan kehadiran Marinir bisa mengajak masyarakat, dan tidak perlu sampai ada langkah-langkah penegakan hukum yang berlebihan. Tetapi, karena masyarakat diajak oleh unsur TNI yang memang sangat dihargai, sehingga masyarakat bisa patuh dan bisa sukarela menaati arahan-arahan khususnya yang berhubungan dengan protokol kesehatan,” ujarnya.

Sebelumnya, Sabtu (9/5/2020), ada penambahan 128 kasus positif di Jawa Timur. Penambahan kasus itu merupakan yang tertinggi sejak Covid-19 mewabah.

Kota Surabaya tercatat sebagai penyumbang kasus positif Covid-19 terbanyak di Jawa Timur.

Sekadar informasi, hari ini ada penambahan 34 kasus baru di Jawa Timur. Dengan penambahan itu, total positif Covid-19 tercatat sebanyak 1536 kasus.

Dari jumlah kasus tersebut, ada 244 pasien yang sembuh, dan 149 di antaranya meninggal dunia.(rid/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs