Jumat, 26 April 2024

Halalbihalal Virtual Akademisi 10 Negara Wujudkan Silaturahmi Era New Normal

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Halal bi halal virtual 10 negara digelar Unitomo bersama Yayasan Pendidikan Cendekia Utama, wujud silaturahmi di era new normal. Foto: Humas Unitomo

Keluarga besar Universitas Dr. Soetomo (Unitomo), SMK Soetomo, SMP dan SMA Dr. Soetomo Surabaya, menggelar halalbihalal virtual bersama akademisi mitra di sembilan negara lain pada Sabtu (6/6/2020).

Selain diikuti perwakilan Unitomo, SMK Dr. Soetomo, SMP dan SMA Dr. Soetomo, Surabaya juga akademisi mitra Unitomo di Singapura, Kuwait, Australia, Inggris, Pakistan, India, Thailand, Turki dan Palestina.

Acara halalbihalal virtual yang dipandu host Dr. Meithiana Indrasari, ST, MM dari Unitomo Surabaya ini juga diisi tausiyah yang disampaikan Ustad Adv. Faiz Syed dari India.

Dalam tausiahnya, Faiz, yang sehari-hari menjabat sebagai President of Islamic Research Centre India ini mengemukakan tentang pentingnya menjaga silahturahmi di antara sesama umat muslim maupun umat beragama lainnya.

“Hikmah dan keutamaan silaturahmi adalah bisa menambah empati dan menjauhi sikap egois. Dengan bersilaturahmi kita akan menghargai orang lain, menghormati mereka, serta mendengar cerita dan masalah mereka,” papar ustad populer yang memiliki beberapa channnel di Youtube dan acara TV di India ini.

Disampaikan Dr. Slamet Riyadi, SE, MP, MM, Wakil Rektor 2 Unitomo, saat memberi sambutan mewakili rektor, bahwa pihaknya mengapresiasi kegiatan ini yang tetap bisa berlangsung di tengah situasi pandemi Covid-19, sekaligus bagian dari tata norma baru kehidupan pasca pandemi nanti.

“Meskipun sedang menghadapi pandemi Covid-19, tapi kita tetap bisa menjalin tali silahturahmi, ini sangat luar biasa. Bahkan bukan hanya dengan keluarga besar Unitomo dan sekolah-sekolah di lingkungan Taman Pendidikan Dr. Soetomo, tapi juga dengan para mitra akademisi dari banyak negara,” terang Slamet Riyadi.

Apresiasi atas halalbihalal virtual melibatkan 10 negara kali ini juga disampaikan Prof. Dr. Eddy Yunus, ST, MM., ketua pembina Yayasan Pendidikan Cendekia Utama (YPCU) atas donasi yang terkumpul dari sekitar 200 peserta dalam kegiatan halalbihalal secara online ini.

Ketua pembina yayasan yang menaungi lembaga-lembaga di lingkungan Taman Pendidikan Dr. Soetomo, Surabaya ini menyebut sedikitnya 12 juta rupiah donasi yang bisa dikumpulkan melalui acara ini.

“Semoga bantuan ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya, nantinya oleh segenap pengurus Panti Asuhan Addinu Waddunya Surabaya yang sebelumnya memang telah ditunjuk oleh pihak panitia pelaksana. Kami tentunya sangat berterimakasih, meskipun dengan cara virtual donasi tetap bisa dikumpulkan, dan ini (silaturahmi virtual; red) bisa jadi awal kebiasaan di masa new normal,” pungkas Eddy Yunus. (tok/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs