Selasa, 26 Oktober 2021

ITS Bentuk Satgas COVID-19 untuk Tangkal Corona

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya. Foto: its.ac.id

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya membentuk Satuan Tugas (Satgas) khusus untuk menangani Corona di lingkungan kampus. Satgas bentukan Prof Mochamad Ashari Rektor ITS ini diharapkan mampu menjadi garda terdepan ITS dalam menghadapi bahaya COVID-19.

Adjie Pamungkas Ketua Tim Satgas COVID-19 ITS  menerangkan, satgas ini dibentuk untuk menyiapkan dan menyiagakan ITS dalam menghadapi Corona. Menurutnya, Satgas akan berperan sebagai edukator bagi sivitas akademika dan masyarakat serta menciptakan lingkungan ITS yang anti terhadap penyebaran Corona.

Dosen Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) ini melanjutkan, ITS sangat meminimalisasi potensi penyebaran Corona di lingkungan kampus. Jika di kemudian hari ada orang yang diperkirakan telah berinteraksi dengan pasien positif COVID-19 dan menunjukkan gejala virus tersebut (suspect) di lingkungan institut, maka Tim Satgas ini akan segera menangani orang tersebut.

Mengingat virus ini sangat mengancam keselamatan, lanjut Adjie, ITS serius dalam melakukan antisipasi penyebaran virus dan memperlambatnya. Bahkan, Kepala Pusat Penelitian Mitigasi Kebencanaan dan Perubahan Iklim ITS ini optimistis bahwa ITS dapat menjadikan lingkungannya steril dari tanda-tanda Covid-19.

Selain membentuk satgas, ITS juga telah menyiapkan layanan terpadu untuk menghadapi Corona. Di antaranya ialah Medical Center ITS yang telah siaga, sejak 16 Maret lalu, untuk memberikan tindakan pertama bagi sivitas akademikanya yang memiliki gejala terkait.

“Karena concern (perhatian, red) utama kami ialah menangani internal seperti dosen, tenaga kependidikan (tendik), serta mahasiswanya,”  tuturnya berdasarkan rilis yang diterima suarasurabaya.net, Kamis (19/3/2020).

Selanjutnya, jika sivitas akademika ITS hendak memastikan kondisi fisiknya atau bahkan merasa pernah bersinggungan dengan suspect, prosedurnya terbilang cukup sederhana.

Sivitas akademika dapat menghubungi nomor telepon 031-5927547 atau 031-5925405 untuk menyampaikan keluhan kesehatannya dan membuat janji melalui gawai jika perlu pemeriksaan langsung. Setelah membuat janji, tubuhnya dapat diperiksakan di Medical Center ITS. Jika gejala menjurus ke Corona, petugas medis terkait akan memberikan rujukan agar pasien dapat langsung ditindak di Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA).

Diungkapkan Adjie, ITS telah resmi menjalin kerja sama khusus dengan RSUA dalam menangani wabah ini. Selain menindak pasien positif Corona, tim satgas ini juga mensterilkan lingkungan kampus. Mulai ruang kuliah, laboratorium, hingga kantor administrasi di lingkungan ITS akan disterilkan sesuai urgensi masing-masing.

“Bahkan jika memungkinkan, kawasan sekitar kampus pun juga akan kami tangani,” ujarnya.

Tidak hanya itu, imbuhnya, masyarakat dan sivitas akademika yang ingin mengenal COVID-19 lebih dalam dapat langsung menghubungi layanan Hotline 081132203333. Di sana, terdapat petugas tim satgas yang siap siaga untuk menjawab ragam pertanyaan seputar Corona. Selain itu, telah tersedia juga laman resmi untuk mengikuti perkembangan Covid-19 di ITS, yakni https://www.its.ac.id/id/covid19-its/.

Tim satgas telah menyiapkan sistemnya hingga dapat diikuti dengan mudah. Sivitas akademika hanya perlu mengikuti prosedur yang tertera dan lebih menahan diri dalam menghadapi penyebaran COVID-19 ini. Karakteristik virus yang masih diteliti ilmuwan ini juga tersedia dengan jelas di laman tersebut.(tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Muat BBM Terbakar di Tol Pandaan

Truk Terguling di Lawang Malang

Truk Terguling Menimpa Taksi di Medaeng

Surabaya
Selasa, 26 Oktober 2021
30o
Kurs