Selasa, 26 Oktober 2021

ITS Tunda Pelaksanaan Wisuda Hari Ini

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya. Foto: its.ac.id

Institut Teknologi 10 Nopember Suabaya (ITS) menunda pelaksanaan Wisuda ke 121 hari kedua, yang rencananya diselenggarakan hari ini, Minggu (15/3/2020). Ini dibenarkan Anggra Ayu Rucitra Kepala Unit Komunikasi Publik ITS saat mengudara di Radio Suara Surabaya.

Penundaan ini, kata dia, karena menyikapi perkembangan virus corona atau covid-19 yang kini ditetapkan sebagai bencana nasional oleh pemerintah. Untuk itu, wisuda terpaksa ditunda dan dapat dilakukan setelah situasinya kondusif serta menunggu informasi lebih lanjut dari pemerintah.

“Ada sekitar 600 wisudawan. Karena penetapan virus corona sebagai bencana nasional itu, maka kami mengutamakan keselamatan sivitas akademika. Kami sebagai penyelenggara tentu berat mengambil keputusan ini, apalagi ditetapkan bencana baru malam kemarin. Langsung kami gelar rapat dengan pimpinan,” kata dia.

Selain itu, penundaan wisuda ini juga menindaklanjuti surat edaran Kemendikbud agar mengurangi kegiatan yang bersifat mengumpulkan massa. Pihaknya berharap, untuk semua calon wisudawan dan keluarganya bisa memahami kondisi ini.

Sedangkan untuk wisudawan yang membutuhkan ijazahnya dalam waktu dekat untuk persyaratan melamar kerja, meneruskan untuk jenjang berikutnya atau persyaratan beasiswa, bisa mengambilnya di Kantor Direktorat Pendidikan.

Berdasarkan surat edaran ITS, ijazah bisa diambil pada tanggal 16-20 Maret 2020, pukul 08.00-16.00 WIB.

“Kami mohon maaf kepada semua wisudawan dan para orang tua, keputusan ini tentunya untuk kebaikan kita bersama,” kata dia.

Tak hanya wisuda, Citra mengungkapkan kegiatan lainnya seperti kunjungan ke luar negeri, dan beberapa kegiatan mahasiswa dan dosen ditunda. Sementara untuk kegiatan perkuliahan diganti menjadi sistem daring.

“ITS sudah punya aplikasi yang nantinya digunakan untuk perkuliahan daring dan kita akan optimalkan itu. Jadi kita meminimalisir pertemuan dan untuk selanjutnya, nanti akan diinformasikan. Tapi untuk sementara, mahasiswa disarankan untuk kuliah dari rumah. Termasuk UTS juga,” jelasnya.

Terkait antisipasi yang dilakukan ITS terkait corona, Citra mengungkapkan bahwa pihaknya sudah melakukan beberapa upaya. Seperti sosialisasi ke mahasiswa dan orang tua, mengubah alur pemberian ijazah, menyemprotkan cairan disinfektan di kampus, medical center ITS juga telah berkoordinasi dengan rumah sakit terkait.

“Kami mohon maaf atas penundaan ini. Kami imbau mahasiswa tetap tenang dan tidak panik tentang kondisi saat ini. Kami akan segera mengeluarkan surat edaran terkait kuliah daring dan semoga semuanya diberi kesehatan,” kata dia. (ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Muat BBM Terbakar di Tol Pandaan

Truk Terguling di Lawang Malang

Truk Terguling Menimpa Taksi di Medaeng

Surabaya
Selasa, 26 Oktober 2021
30o
Kurs