Kamis, 13 Agustus 2020

ITS Hadirkan Wisuda Daring dengan Permainan Minecraft

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Permainan minecraft untuk wisuda online menggunakan Minecraft Education Edition yang dikembangkan Hadziq Fabroyir dosen Departemen Teknik Informatika ITS. Foto: Istimewa

Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) menghadirkan wisuda ke-121 secara daring menggunakan permainan virtual minecraft, Minggu (2/8/2020).

Hadziq Fabroyir dosen Departemen Teknik Informatika ITS yang mengembangkan permainan minecraft untuk wisuda online menjelaskan, pihaknya membuat bangunan gedung Graha Sepuluh Nopember ITS secara virtual menggunakan Minecraft Education Edition. Bersama 14 orang lainnya, mereka membuat bangunan virtual khusus untuk memeriahkan wisuda yang seharusnya digelar secara luring Maret 2020 lalu.

Selain membangun gedung Graha Sepuluh November ITS di permainan minecraft, proses wisuda juga digelar di aplikasi ini melalui Discord. Zoom hanya menerima video feed dari OBS Virtual Camera yang ditransmisikan dari server Minecraft ITS.

Permainan minecraft untuk wisuda online menggunakan Minecraft Education Edition yang dikembangkan Hadziq Fabroyir Dosen Departemen Teknik Informatika ITS. Foto: Istimewa

Sebanyak 570 mahasiswa dari Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan, dan Kebumian (FTSPK), Fakultas Teknologi Kelautan (FTK), dan Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital (FDKBD) melaksanakan prosesi wisuda secara daring dari tempat tinggal masing-masing. Sedangkan para pimpinan ITS menghadiri prosesi wisuda secara luring di Gedung Research Center (RC) ITS dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku.

Permainan minecraft untuk wisuda online menggunakan Minecraft Education Edition yang dikembangkan Hadziq Fabroyir dosen Departemen Teknik Informatika ITS. Foto: Istimewa

Dari ketiga fakultas yang melaksanakan wisuda hybrid ini, terdapat I Dewa Made Alit Karyawan, wisudawan Teknik Sipil dan I Made Wahyu Wijaya, wisudawan Teknik Lingkungan yang berhasil menjadi wisudawan terbaik program Doktor pada hari kedua Wisuda ke-121 ITS tersebut dengan IPK 3,97 dan lama studi tujuh semester serta meraih predikat Cum Laude.

Sementara pada Program Magister, Made Widya Jayantari dari Teknik Sipil berhasil meraih Predikat Cum Laude dan menjadi wisudawan terbaik dengan IPK 4 serta hanya membutuhkan tiga semester. Kemudian wisudawan terbaik Program Sarjana diraih Kurniawan Sugianto, mahasiswa Teknik Sipil dengan IPK 3,85 dengan lama studi tujuh semester dan meraih Predikat Cum Laude.

Selain itu terdapat pula Bobby Ardiansyamiraja, mahasiswa bidikmisi dari Manajemen Bisnis yang berhasil menjadi wisudawan inspiratif dengan berhasil menerbitkan lima jurnal ilmiah terindeks Scopus dalam kurun waktu hanya setahun. (bas/tin)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Pelangi Sore Hari di Surabaya

Kangen Tanggapan

Unjuk Rasa Aliansi Pekerja Seni Surabaya

Truk Patah As di Gedangan

Surabaya
Kamis, 13 Agustus 2020
33o
Kurs