Kamis, 25 April 2024

Jelang Pelaksanaan Ibadah Malam Natal, Polisi Sterilisasi Katedral Jakarta

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Anggota Tim Gegana Polda Metro Jaya memeriksa area Katedral Jakarta jelang pelaksanaan Misa Malam Natal, Kamis (24/12/2020). Foto: Farid suarasurabaya.net

Tim Gegana Polda Metro Jaya, siang hari ini, Kamis (24/12/2020), melakukan pemeriksaan di Katedral Jakarta, empat jam menjelang pelaksanaan Misa Malam Natal.

Pantauan suarasurabaya.net, sekitar sepuluh orang personel Gegana memeriksa seluruh area mulai dari luar sampai dalam gereja yang punya nama resmi Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga.

Setiap anggota pasukan khusus Korps Brimob itu membawa alat pendeteksi, untuk memeriksa ada tidaknya benda berbahaya di lokasi.

Sesudah sekitar 15 menit melakukan pemeriksaan, aparat keamanan melakukan sterilisasi area Katedral Jakarta.

Pengunjung yang ada di dalam diarahkan menunggu di luar, sampai nanti kembali dibuka sekitar pukul 15.30 WIB, sebelum pelaksanaan Misa Malam Natal tatap muka sesi pertama.

Sekadar informasi, Katedral Jakarta dan Gereja Katolik di Keuskupan Jakarta melakukan berbagai penyesuaian penyelenggaraan Misa Natal tahun ini, untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Romo Hani Rudi Hartoko Pastor Kepala Paroki Katedral Jakarta mengatakan, Keuskupan Agung Jakarta mengizinkan Ibadah Malam Natal tatap muka tanggal 24 Desember sebanyak dua kali, dan dua kali Misa Hari Natal tatap muka tanggal 25 Desember 2020.

Jadwal Ibadah Malam Natal tatap muka dimulai pukul 17.00 WIB, lalu dilanjut misa kedua secara daring pukul 18.30 WIB, dan misa ketiga tatap muka pukul 20.00 WIB.

Sedangkan Misa Hari Natal dilaksanakan pukul 09.00 WIB live streaming, lalu dua misa berikutnya secara tatap muka, pukul 11.00 WIB pukul 17.00 WIB.

Untuk mencegah penularan Virus Corona, Katedral Jakarta membatasi maksimal 20 persen dari kapasitas atau 309 orang yang bisa melaksanakan ibadah tatap muka dalam satu sesi.

Supaya ada jarak fisik, pihak Katedral Jakarta juga mengatur penempatan umat yang hadir di dua titik. 200 umat di dalam gereja, dan 109 orang di Plasa Maria persis di halaman depan gereja.(rid/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs