Rabu, 26 Juni 2024

Sejumlah Gereja Katolik di Surabaya Juga Gelar Misa Natal Virtual

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ibadah Misa Kenaikan Isa Almasih bagi umat Kristiani di Gereja Santa Maria Tak Bercela (SMTB) Surabaya, Kamis (21/5/2020). Foto: Istimewa

Sejumlah Gereja Katolik di Surabaya, akan menggelar Misa Natal secara virtual, sebagai bagian pelaksanaan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 pada Kamis (24/12/2020) malam

Theresia Mariani panitia Natal Gereja Katolik Paroki Kristus Raja membenarkan Misa Natal tahun ini digelar secara virtual dan tidak mengharuskan umat untuk hadir di Gereja mengikuti Misa.

“Kami juga melakukan Misa Natal secara virtual, streaming, dan harapan kami umat memang tidak harus hadir ke Gereja seperti perayaan Misa Natal tahun sebelumnya, ” terang Theresia Mariani, Kamis (24/12/2020).

Meskipun di Gereja Kristus Raja juga digelar Misa reguler, tetapi dengan penerapan protokol kesehatan yang cukup ketat. Sehingga kehadiran umat juga sangat dibatasi.

Senada dengan itu FX Sigit satu di antara panitia misa Natal di Gereja Katedral Hati Kudus Yesus juga menyampaikan pelaksanaan Misa Natal kali ini juga digelar secara streaming.

“Umat tidak harus hadir di Gereja. Bisa mengikuti Misa Natal dari rumah bersama keluarga. Seperti masa-masa lain selama pandemi juga dilaksanakan secara virtual. Pelaksanaan Misa di gereja dibatasi dan wajib daftar dan patuh protokol kesehatan, ” tegas FX Sigit.

Di Gereja Katolik Santo Yusuf Karangpilang Surabaya, pelaksanaan Misa Natal tahun ini, disertai dengan kewajiban mengisi formulir keikutsertaan Misa secara virtual, yang digelar Kamis (24/12/2020) malam.

“Untuk memudahkan dan membatasi jumlah umat yang akan mengikuti Misa Natal. Sekaligus ini bagian dari pelaksanaan protokol kesehatan. Karena pandemi kan belum selesai, ” ujar Marcellus Dimas anggota Mudika Paroki Santo Yusuf.

Pada Kamis (24/12/2020) malam umat Katolik di Surabaya biasanya berbondong-bondong hadir di masing-masing Gereja guna mengikuti Misa Natal. Namun tahun ini terpaksa harus dibatasi, dan bisa mengikuti Misa Natal secara live streaming atau virtual lantaran pandemi Covid-19 masih belum usai. (tok/dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Rabu, 26 Juni 2024
27o
Kurs