Selasa, 16 April 2024

Jelang Ramadan, Griya Al Quran Beri Layanan Tahfidz Online Gratis

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan

Griya Al Quran memberikan layanan Tahfidz Online Gratis kepada umat muslim menjelang Ramadan 2020. Wirawan Dwi Humas Griya Al Quran mengatakan, pandemi Covid-19 membuat orang tua harus siap menggantikan banyak peran keislaman yang biasa ada di masjid, menjadi di lingkungan rumah.

Seperti diketahui, beberapa pengurus masjid saat ini sudah memutuskan tidak menggelar salat tarawih, ceramah, dan belajar mengaji di masjid pada bulan ramadan yang dimulai beberapa hari ke depan.

“Kini semua program terpusat di rumah. Program dan kegiatannya, tak lagi disediakan oleh takmir di masjid. Ayah dan ibu yang harus siap menggantikannya. Seorang ayah tiba-tiba harus siap menjadi imam sholat jamaah dan tarawih yang harus siap dengan banyak hafalan Al Qur’an. Tiba-tiba seorang ibu harus menjadi guru mengaji bagi anak-anaknya. Hal inilah yang menjadi landasan Griya Al Qur’an dalam menggelar Program Tahfidz Online selama 3 hari,” ujar Wirawan pada Selasa (21/4/2020).

Kegiatan yang digelar mulai hari ini, Selasa (21/4/2020) sampai Kamis (23/4/2020) itu diikuti oleh 1100 orang yang tersebar dari berbagai daerah di Indonesia dan sebagian dari Malaysia, Jepang, Inggris dan Amerika. Termuda, kegiatan ini diikuti oleh usia 15 tahun dan paling tua berusia 77 tahun. Wirawan juga mengatakan, ada juga satu difabel dengan gangguan sulit bicara mengikuti kegiatan ini. Dalam pelaksanaan Program ini, Griya Al Quran menyiapkan sebanyak 15 hafidz yang akan mengawal ribuan peserta ini.

“Program ini digelar untuk masyarakat dalam menyiapkan Ramadan di tengah wabah Covid-19. Sehingga bisa menjadi program yang mendekatkan keluarga karena bisa dipalikasikan dalam program Ramadhan untuk keluarga, dan menguatkan secara psikologis dan teologis dalam menghadapi dan melawan virus yang sangat mudah penularannya ini,” pungkasnya. (bas/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 16 April 2024
30o
Kurs