Minggu, 12 Juli 2020

Jokowi Presiden Pimpin Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke-74

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Sejumlah peserta upacara yang dipimpin oleh Joko Widodo Presiden mengikuti Peringatan ke-74 Hari Bhayangkara Tahun 2020 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (1/7/2020). Foto : Antara

Joko Widodo Presiden, pagi hari ini, Rabu (1/7/2020), menjadi inspektur upacara peringatan ulang tahun Bhayangkara ke-74, secara virtual dari Istana Negara, Jakarta.

Beberapa orang juga menteri ikut upacara di Istana Kepresidenan, antara lain Mahfud Md Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan, Prabowo Subianto Menteri Pertahanan, serta Jenderal Polisi Idham Aziz Kapolri.

Dalam amanatnya, Presiden mengingatkan jajaran Polri jangan sampai melupakan sejumlah agenda strategis, di tengah upaya mengendalikan pandemi Covid-19.

Agenda strategis yang dimaksud Jokowi, salah satunya reformasi total supaya Polri lebih profesional dan modern.

Pada kesempatan itu, Presiden juga menyebut tantangan Polri yang semakin berat, seperti mengatasi kejahatan konvensional, kejahatan lintas negara, dan kejahatan terhadap kekayaan negara.

“Walau pun saat ini Polri fokus dalam membantu mengendalikan pandemi Covid-19, tapi berbagai agenda strategis Polri tidak boleh dilupakan. Jajaran Polri harus terus mereformasi diri secara total, selalu berupaya memperbaiki diri untuk lebih profesional dan modern. Ubah semua kelemahan menjadi sebuah kekuatan,” ucapnya.

Stabilitas keamanan dalam negeri juga menjadi catatan Presiden untuk Polri, khususnya menjelang Pilkada serentak, Desember 2020.

“Saya tau tugas itu tidak mudah. Tapi, saya yakin Polri, TNI serta penyelenggara dan pengawas Pemilu akan mampu menjalankan tugas dengan baik,” tegasnya.

Lebih lanjut, Presiden mengatakan, keterlibatan seluruh jajaran Polri sangat dibutuhkan dalam situasi sulit akibat pandemi Covid-19.

Maka dari itu, Jokowi minta mulai dari Mabes Polri, Polda, Polres, Polsek sampai Bhabinkamtibmas di desa-desa berperan aktif mengajak masyarakat disiplin menjalankan protokol kesehatan.

Seluruh anggota Polri, lanjut Jokowi, juga harus aktif mengawal kelancaran dan ketepatan penyaluran bantuan sosial, sekaligus menjaga keamanan dan ketertiban.(rid/iss)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Fortuner Masuk Sungai Kaliwaron

Mobil Masuk Sungai di Kaliwaron

Mobil Tabrak Pohon

Jangan Sembarangan Main Layang-Layang, Guys

Surabaya
Minggu, 12 Juli 2020
32o
Kurs