Rabu, 25 Mei 2022

Kabareskrim Tegaskan Rekonstruksi Penembakan 6 Laskar FPI Belum Final

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri saat konferensi pers di kantornya, Selasa (15/12/2020). Foto: Faiz suarasurabaya.net

Rekonstruksi penembakan 6 laskar FPI yang dilakukan Bareskrim Senin dini hari (14/12/2020) belum final. Jika ada temuan baru, maka akan digelar rekonstruksi lanjutan.

Hal ini ditegaskan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri dalam konferensi pers di kantornya, Selasa (15/12/2020).

“Kalau nanti ada temuan baru terkait tambahan informasi, saksi maupun bukti lainnya, maka tidak menutup kemungkinan akan dilakukan rekonstruksi lanjutan,” ujar Listyo.

Kabareskrim menegaskan rekonstruksi Senin kemarin dilakukan secara profesional dan transparan serta obyektif. Rekonstruksi melibatkan media maupun pengawas eksternal.

Sekadar diketahui, Bareskrim sebenarnya mengundang Komnas HAM, Amnesti Internasional, Imparsial dan Kompolnas. Tetapi yang datang hanya Kompolnas.

Komnas HAM beralasan, ketidakhadirannya dalam rekonstruksi karena masih bekerja mengumpulkan data-data, bukti-bukti terkait kasus penembakan 6 laskar FPI tersebut.

Sementara Listyo menghargai dan menghormati independensi dari pengawas eksternal lainnya yang tidak hadir.

“Kami tetap harga independensi rekan-rekan pengawas eksternal yang lain,” jelasnya.(faz/iss)

Berita Terkait

Surabaya
Rabu, 25 Mei 2022
27o
Kurs