Jumat, 26 April 2024

Kadishub Kota Probolinggo Meninggal Dunia Terpapar Covid-19

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan

Sumadi Kepala Dinas Perhubungan Kota Probolinggo meninggal dunia pada Senin (28/12/2020) petang, setelah menjalani perawatan karena terpapar Covid-19.

dr Nurul Hasanah Hidayati Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan KB Kota Probolinggo menjelaskan, bahwa Sumadi sempat mengalami batuk dan pilek pada 13 Desember 2020 saat menghadiri kegiatan rapat.

Kemudian, Sumadi menjalani pemeriksaan tes usap di RSUD dr Mohamad Saleh pada 15 Desember 2020 dan hasilnya dinyatakan positif terpapar Covid-19.

“Teman-teman dari puskesmas langsung ke rumah beliau untuk memberikan obat antivirus, vitamin dan obat sesuai keluhannya. Pada malam harinya Pak Sumadi sudah ada di RSUD dr. Mohamad Saleh,” katanya, dilansir Antara, Selasa (29/12/2020).

Menurutnya, kondisi Sumadi sempat membaik, tetapi beberapa hari kemudian harus dibawa ke RSUD Saiful Anwar Kota Malang karena kondisinya memerlukan perawatan lebih lanjut.

“Pertamanya kondisinya bagus, sempat drop, bagus lagi. Kondisinya naik turun. Pada Minggu (27/12/2020) malam dikabari kondisi beliau sedang tidak baik,” katanya.

Sumadi mempunyai komorbid atau penyakit bawaan diabetes melitus, hipertensi, dan jantung koroner, sehingga ia juga sempat panik setelah dinyatakan positif terpapar Covid-19.

“Klaster dari mana Pak Sumadi terpapar, saya belum mengetahuinya karena sulit terdeteksi,” katanya.

Ia menjelaskan, tentang tingginya angka kematian pasien Covid-19 di Kota Probolinggo yang mencapai 100 orang hingga 28 Desember 2020. Analisa banyaknya pasien Covid 19 meninggal dunia itu karena sebagian besar mempunyai komorbid.

“Pasien datang dalam kondisi saturasi oksigen rendah dan kekuatan respon tubuh terhadap pengobatan dan infeksi Covid-19,” katanya.

Nurul Hasanah menyatakan pihaknya juga terus mengingatkan masyarakat untuk menjaga kondisi dan wajib melakukan 4M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan), sehingga tidak perlu kemana-mana saat libur akhir tahun.

Sementara Aman Suryaman Kepala Dinas Kominfo Kota Probolinggo mengatakan jenazah Sumadi Kadishub diberangkatkan dari RSSA Malang dan tiba di Probolinggo pada Senin (28/12/2020) malam.

Selanjutnya dilakukan upacara penghormatan terakhir di halaman kantor wali kota sesuai petunjuk dari Hadi Zainal Abidin Wali Kota Probolinggo.

Sebelum Kadishub, Mochammad Soufis Subri Wakil Wali Kota Probolinggo juga meninggal dunia pada 9 Desember 2020 karena terpapar Covid-19, setelah berjuang melawan Covid-19 dalam perawatan di RSUD dr Soetomo Surabaya. (ant/ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs