Rabu, 8 Desember 2021

Kasus Politik Uang Pilkada Jember Dilimpahkan ke Kejaksaan

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Kepala Kejaksaan Negeri Jember Prima Idwan Mariza menerima berkas dan tersangka kasus politik uang di Kantor Kejari, Jumat (4/12/2020). Foto: Kejari Jember

Tim penyidik Satreskrim Polres Jember bersama Bawaslu melimpahkan tersangka AZ dan berkas perkara dugaan politik uang dalam pemilihan kepala daerah ke kejaksaan negeri setempat, Jumat (4/12/2020).

AKP Fran Delanta Kembaren Kasat Reskrim Polres Jember dan Dwi Endah P. anggota Bawaslu Divisi Penindakan menyerahkan berkas berikut tersangka kasus politik uang pilkada kepada Prima Idwan Mariza Kepala Kejaksaan Negeri Jember.

“Kami telah menerima berkas perkara tersebut dan ini adalah pelimpahan tahap pertama,” kata Prima Idwan seperti Antara.

Menurutnya, tersangka AZ dijerat dengan Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada yang telah diatur mengenai sanksi dan larangan praktik politik uang.

Ada sejumlah pasal, di antaranya Pasal 73, Pasal 135 dan Pasal 187 dan Pasal 73 mengatur tentang larangan dan bentuk sanksi politik uang dan pada Pasal 135 mengatur mengenai pelanggaran politik uang yang terstruktur sistematis dan masif, serta aturan sanksi.

Tersangka AZ membagikan stiker salah satu pasangan calon kepada sejumlah warga disertai dengan ajakan untuk memilih pasangan tersebut. AZ juga membagikan uang pecahan Rp5.000 kepada warga.

Peristiwa itu kemudian ditangani oleh Bawaslu Kabupaten Jember dan melaporkannya sebagai pelanggaran tindak pidana pemilu kepada polisi.

Setelah menjalani pemeriksaan, AZ pada 27 November 2020 ditahan di Polres Jember dan berkas perkaranya dilimpahkan ke kejaksaan.

“Berkas itu akan segera kami limpahkan ke Pengadilan Negeri (PN) Jember karena kami diberi waktu selama lima hari,” katanya.

Sementara itu, Dwi Endah P anggota Bawaslu Jember mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan politik uang menjelang pemungutan suara Pilkada 2020 karena pemberi dan penerima bisa dijerat pidana.(ant/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Rabu, 8 Desember 2021
26o
Kurs