Minggu, 24 Januari 2021

Kebun Binatang Surabaya Siap Buka

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pintu masuk Kebun Binatang Surabaya (KBS). Foto: Intagram/ kebunbinatangsurabaya

Setelah sekian waktu tutup sementara, Kebun Binatang Surabaya (KBS) di masa pandemi Covid-19 siap beroperasional kembali.

Sederet aturan baru terkait protokol kesehatan di masa pandemi sudah dipersiapkan KBS untuk kembali menerima kunjungan masyarakat. Aturan yang wajib dijalani masyarakat pengunjung KBS.

Mulai dari penggunaan masker, hand sanitizer, physical distancing, social distancing, sampai dengan pembatasan jumlah pengunjung, sudah dipersiapkan setelah sebelumnya dilakukan pengkajian secara mendalam terkait dengan pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

“Aturan atau ketentuan baru untuk pengunjung KBS memang sudah kami persiapkan. Dengan pertimbangan utama protokol kesehatan, harapan kami masyarakat pengunjung mau mematuhi ketentuan-ketentuan tersebut,” terang Wina Husniani Humas PDTS KBS, Sabtu (25/7/2020).

Bahkan melalui Instagram Kebun Binatang Surabaya dengan hastag #akusehatkamusehatsatwaselamat, berbagai ketentuan baru terkait protokol kesehatan ditampilkan oleh manajemen Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS.

Mulai dari kewajiban kondisi kesehatan dan fit untuk ibu hamil, lansia berusia diatas 60 tahun, dan balita hingga himbauan menggunakan kamera dengan baterai kamera dalam kondisi full saat berkunjung ke KBS dicantumkan.

“Karena protokol kesehatan memang jadi prioritas kami. Tetapi tetap memberikan kenyamanan bagi pengunjung KBS juga harus kami perhatikan juga. Karena itu, ketentuan-ketentuan baru bagi pengunjung harapannya dipahami oleh para pengunjung,” tambah Winy.

Kondisi satwa, ditambahkan Winy selama penutupan sementara KBS yang memang dijadwalkan berakhir pada Minggu (26/7/2020) berdasarkan pantauan dan laporan keeper dan tim dokter, satwa dalam kondisi sehat.

“Alhamdulillah seluruh satwa dari pantauan dan laporan keeper dan tim dokter, hingga saat ini dalam kondisi sehat, dan beraktivitas secara alami, ” tambah Winy.

Sementara itu, ditanya kapan KBS dibuka kembali untuk masyarakat, Winy menyampaikan bahwa pihaknya tetap harus menunggu keputusan dari Pemkot Surabaya. “Kami tetap harus menunggu izin Pemerintah Kota Surabaya,” pungkas Winy. (tok/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pak Nunut Pak …

Jelang Tol Manyar Banjir

‘Ranjau’ di Bawah Layang Trosobo

Empat Stand Pasar Ikan Hias Gunung Sari Terbakar

Surabaya
Minggu, 24 Januari 2021
27o
Kurs