Jumat, 29 Maret 2024

Ketua Satgas: Vaksin Terbaik Tangkal Covid-19 Sementara Ini Protokol Kesehatan

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Doni Monardo Ketua Satgas Covid-19. Foto: dok. suarasurabaya.net

Pemerintah Pusat melalui Satuan Tugas Penanganan Covid-19 terus mendorong upaya penguatan penanganan di daerah melalui perubahan perilaku dan menegakkan penerapan protokol kesehatan sebagai bentuk pencegahan.

Doni Monardo Ketua Satgas Penanganan Covid-19 mengatakan, untuk sementara ini, mematuhi protokol kesehatan adalah ‘vaksin’ terbaik yang bisa dilakukan masyarakat untuk mencegah penularan.

“Selama belum ada vaksin maupun obat, mematuhi protokol kesehatan adalah vaksin terbaik sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19,” ujarnya dalam Rakor Penanganan Covid-19 Wilayah Provinsi Gorontalo, di Rumah Dinas Gubernur, Rabu (7/10/2020).

Pada kesempatan itu, Doni mendorong Pemerintah Provinsi Gorontalo meningkatkan pemahaman kepada masyarakat soal pentingnya protokol kesehatan lewat beragam medium ruang, salah satunya dengan kearifan lokal dan peran para tokoh masyarakat.

“Kita gunakan media-media yang ramah digunakan oleh masyarakat, misalnya sosialisasi melalui media sosial, televisi, pemberitaan media online, penggunaan poster, dan lainnya sesuai bahasa lokal yang mampu dipahami oleh masyarakat setempat,” kata Doni.

Ketua BNPB menyadari, penguatan literasi masyarakat bisa dilakukan oleh pemerintah saja. Doni yakin, tokoh masyarakat lebih didengar dan bisa diterima dengan baik oleh masyarakat di daerah.

“Pemerintah pusat mau pun daerah serta masyarakat tidak bisa bergerak sendiri-sendiri, kita harus bergerak bersama. Pemerintah daerah setempat dapat bekerja sama dengan tokoh-tokoh masyarakat yang dipercaya dan dihargai oleh masyarakat setempat sehingga pemahaman tentang penerapan protokol kesehatan dapat diterima dengan baik,” tuturnya.

Kegiatan rapat koordinasi ditutup dengan pemberian bantuan alat kesehatan berupa dua unit ventilator, 2.000 PCR Test, 2.000 RNA Test, 2.000 VTM Test, 15.000 Alat Pelindung Diri (APD), 10.000 Masker N95 dan 500.000 Masker Kain kepada Provinsi Gorontalo.(rid/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
31o
Kurs