Jumat, 29 Maret 2024

Khofifah: Dua Mobil PCR Bantuan BNPB Layani Swab Test di Lamongan dan Tulungagung

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Mobil mesin Polymerase Chain Reaction (PCR) bantuan dari pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Foto : Istimewa

Pemerintah Provinsi Jawa Timur kembali mendapatkan bantuan berupa dua unit mobil mesin Polymerase Chain Reaction (PCR) dari pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Ini penting, sebagai salah satu langkah untuk percepatan layanan laboratorium dalam melakukan tes swab di Jatim.

Satu unit mobil mesin PCR bernopol B 7190 TDB dari BNPB diserahterimakan pihak BNPB kepada Gugus Kuratif Covid-19 Pemprov Jatim di halaman Rumah Sakit Lapangan Covid-19 Pemprov Jatim, Jalan Indrapura Nomor 17 Surabaya, pada Rabu (27/5/2020) siang. Sedangkan, satu unit mobil mesin PCR lainnya diterima Kamis (28/5/2020).

Usai diserahterimakan, dua unit Mobil PCR tersebut langsung dioperasionalkan di Asrama Haji Surabaya serta RSUD Sidoarjo. Dan mobil mesin PCR juga akan difungsikan sebagai mobile laboratorium untuk daerah-daerah yang membutuhkan di Jatim. Hari ini kedua mobil tersebut akan melayani masyarakat Kabupaten Lamongan dan Tulungagung.

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur menyampaikan ungkapan terima kasihnya kepada BNPB yang terus mendukung Jatim untuk melakukan percepatan-percepatan dalam penanganan Covid-19.

“Alhamdulilah kami kembali mendapat bantuan dari BNPB, berupa dua unit mobil mesin PCR. Bantuan ini penting, karena saat ini kebutuhan mesin PCR test untuk swab memang yang paling dibutuhkan karena validitasnya paling tinggi,” ungkap Khofifah dalam siaran pers yang diterima suarasurabaya.net, Jumat (29/5/2020).

Mobil mesin Polymerase Chain Reaction (PCR) bantuan dari pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Foto : Istimewa

Khofifah menjelaskan, mobil mesin PCR ini masing- masing juga dilengkapi 4 peralatan/mesin PCR. Masing-masing mesin PCR memiliki kapasitas tes maksimal 200 sample/hari. Dengan demikian, tiap satu unit mobil dengan empat Mesin PCR mempunyai kapasitas pelayanan sebanyak 200 kali empat mesin per hari. Sehingga, dua mobil ini total kapasitas layanannya dapat mencapai 1600 sample/hari.

“Dengan tambahan bantuan mobil mesin PCR ini maka kapasitas maksimal layanan swab test di Jatim jika dimaksimalkan mencapai 3.106 sample/hari,” katanya.

Selain itu, setiap unit mobil juga dilengkapi dengan 2 unit mesin ekstraksi, 4992 buah ekstra kit, dan sebanyak 4992 reagen PCR kit.

“Dengan tambahan bantuan mobil mesin PCR ini, kita harap proses tes swab dengan PCR bisa dilakukan dengan cepat. Terlebih, kecepatan ini juga sangat mempengaruhi penanganan wabah Covid-19 dan tentunya juga bisa memberikan ketenangan pada masyarakat,” urainya.

“Kami ingin menyampaikan kepada masyarakat Jatim bahwa baik APD maupun reagen PCR kit yang kita miliki saat ini sudah mencukupi,” kata Khofifah. (bid/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
25o
Kurs