Selasa, 23 April 2024

Gugus Tugas Covid-19 Jatim Siap Maksimalkan Mobil PCR Bantuan dari Pusat

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Gugus Tugas Covid-19 Jatim menerima bantuan mobil PCR dari Gugus Tugas Pusat di RS Lapangan di Jalan Indrapura Surabaya, Rabu (27/5/2020). Foto: Istimewa

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur siap memanfaatkan mobil tes PCR bantuan dari Gugus Tugas Covid-19 Pusat yang tiba di Surabaya pada Rabu (27/5/2020). Mobil itu diharapkan mampu mempercepat proses pemeriksaan swab dengan metode polymerase chain reaction (PCR) di Jatim.

Sebagaimana diketahui, Jawa Timur saat ini menjadi provinsi dengan kasus terbesar kedua setelah DKI Jakarta. Pada Rabu ini data yang diumumkan Jubir Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 di Jakarta menunjukan, kasus positif Covid-19 di Jawa Timur sudah mencapai 4.142 kasus.

Satu unit mobil dilengkapi mesin uji PCR bantuan dari pusat begitu tiba di Surabaya diserahkan kepada Gugus Tugas Covid-19 Jatim di RS Lapangan COVID-19 Jatim di Jalan Indrapura Surabaya. Roslin Lamtarida Kepala Subdirektorat Dukungan Infrastruktur Darurat BNPB yang menyerahkan mobil itu.

“Mobil mesin PCR ini diharapkan mampu mempercepat proses pemeriksaan dan lebih efisien dalam mengidentifikasi sampel swab dengan pendekatan PCR untuk dilakukan oleh Gugus Tugas Jawa Timur kepada masyarakat setempat,” kata Roslin.

Bantuan Mobile Combat Covid-19 atau mobil PCR itu adalah bagian dari total dua unit yang akan ditempatkan di provinsi ini. Setiap mobil itu dilengkapi peralatan medis berupa dua unit mesin PCR, dua unit mesin ekstraksi, serta 4.992 buah ekstra kit dan 4.992 PCR kit.

Melalui teknologi yang tersedia dalam mobil mesin PCR itu, proses identifikasi spesimen hasil swab terhadap seseorang di lapangan bisa memunculkan hasil dalam waktu hanya 40 menit. Kecepatan tes ini diharapkan bisa membantu Jatim melakukan tes secara lebih masif.

Dokter Joni Wahyuhadi Ketua Gugus Tugas Kuratif COVID-19 Jawa Timur menyampaikan apresiasinya atas dukungan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nasional terhadap Jawa Timur dalam mempercepat penanganan Covid-19 di Bumi Majapahit.

“Kami mengapresiasi dukungan Gugus Tugas Nasional dalam memaksimalkan percepatan penanganan Covid-19 di daerah melalui hadirnya mobil mesin PCR lengkap dengan beragam fasilitas yang dibutuhkan,” kata Joni.

Satu lagi unit mobil mesin PCR telah bertolak ke Jawa Timur. Doni Monardo Ketua Gugus Tugas Covid-19 sendiri yang menginspeksi kesiapan kendaraan itu di Jakarta.

Tidak hanya dua mobil ini, Gugus Tugas Covid-19 Nasional juga berencana untuk menambah sejumlah unit mobil mesin PCR di wilayah Jatim. Rencananya untuk mendukung pelaksanaan uji PCR di Lumajang dan Kota Surabaya. (bid/den/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
32o
Kurs