Jumat, 26 April 2024
Teka-Teki Penembakan 6 Laskar FPI

Komnas HAM Surati Kabareskrim Terkait Mobil yang Digunakan di KM 50

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Ahmad Taufan Damanik Ketua Komnas HAM. Foto: Istimewa

Ahmad Taufan Damanik Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengatakan, pihaknya akan menggali keterangan terkait mobil yang digunakan polisi serta para pengawal Rizieq Shihab Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) di KM 50 tol Jakarta-Cikampek, Senin (7/12/2020) lalu.

Untuk itu, lanjut Taufan, Tim Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM telah menyampaikan surat pemberitahuan penjadwalan pemeriksaan kepada Komisaris Jenderal Polisi Listyo Prabowo Kepala Badan Reserse Kriminal Kepolisian Indonesia (Kabareskrim).

“Iya (surat pemeriksaan) sudah disampaikan ke Bareskrim,” ujar Damanik, saat dikonfirmasi di Jakarta, dilansir Antara, Minggu (20/12/2020).

Ia mengatakan, dalam pemeriksaan itu Tim Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM juga akan melihat langsung mobil yang digunakan oleh Polda Metro Jaya saat melakukan pemantauan maupun mobil yang digunakan anggota FPI.

Adapun, jadwal pemeriksaan secara langsung tersebut akan diberitahukan kepada awak media, jika sudah mendapat balasan dari Badan Reserse Kriminal Kepolisian Indonesia.

Sebelumnya, Tim Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM juga telah memeriksa secara langsung ke tempat kejadian perkara untuk menindaklanjuti dan mengonfirmasi keterangan dari PT Jasa Marga (Persero).

Dalam pertemuan dengan Komnas HAM pada hari Senin (14/12/2020), Subakti Syukur Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero), disebut berjanji menambahkan data untuk membantu penyelidikan Komnas HAM.

Tim Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM juga telah mengumpulkan barang bukti di lapangan, mulai dari temuan selongsong peluru dari berbagai jenis, hingga sisa-sisa dari bagian-bagian kendaraan mobil yang diduga saling bertubrukan pada malam kejadian.

Komnas HAM juga sudah menggali keterangan dari Kapolda Metro Jaya, Reskrim Mabes Polri, Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero), perwakilan FPI, saksi, keluarga korban, dan masyarakat terkait insiden yang terjadi di KM 50 tol Jakarta-Cikampek pada Senin (7/12/2020) dinihari, hingga menyebabkan enam orang anggota FPI tewas.

Selanjutnya, Komnas HAM akan meminta keterangan dari kepala Badan Reserse Kriminal Kepolisian Indonesiai terkait dengan autopsi jasad itu. (ant/ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs