Sabtu, 20 April 2024

Komplotan Spesialis Pembobol Ruko di Surabaya Tertangkap

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Polisi mengamankan A (40) dan I (35) sebagai pembobol dan tiga penadah yaitu KA (29), Z (34), dan KA (43). Mereka adalah komplotan spesialis pembobol ruko di Surabaya. Foto: Istimewa

Komplotan spesialis pembobol sejumlah ruko di Surabaya akhirnya tertangkap. Unit Resmob Satreskrim Polrestabes Surabaya berhasil membekuk mereka.

Iptu Arief Rizky Wicaksono Kanit Resmob Satreskrim Polrestabes Surabaya bilang, para pelaku ini sudah beraksi beberapa kali sejak Februari sampai Mei 2020 di sejumlah lokasi.

“Gudang di jalan Kenjeran, Ruko Big Vape jalan Manyar, showroom jalan Gubeng Kertajaya, dan warkop di Granting,” ujarnya pada Minggu (19/7/2020).

Ada enam orang di komplotan ini. Polisi baru menangkap 5 orang. Masih ada satu orang jadi DPO.

Mereka yang diamankan A (40) dan I (35) spesialis pembobol. Lalu tiga penadah KA (29), Z (34), dan KA (43).

Iptu Arief mengatakan, saat beraksi, mereka merusak kunci rolling door, dan memakai gunting baja untuk mengambil barang-barang berharga.

Mereka juga diketahui selalu merusak Digital Video Recorder (DVR) CCTV untuk menghilangkan jejak.

Setelah menggondol barang-barang berharga korban, mereka akan langsung menjualnya ke para penadah.

“Sasaran kita spesialisasinya ruko. Cara milihnya, keliling-keliling aja. Kalau ada sasaran, aman, langsung kita kerja. Sudah 3 kali ini. Langsung kami telpon ke penadah,” ujar salah satu pelaku.

Dari tangan tersangka, disita beberapa barang bukti seperti Honda Vario dan gunting baja untuk alat kejahatan mereka, dan sejumlah hasil curian seperti jas, celana pendek, softlens, celana kulit, vapor, dan baju. (bas/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs