Rabu, 24 April 2024

Kuota Salat Iduladha di Masjid Al Akbar Sudah Terisi Separuh

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Pada Jumat (24/7/2020) siang, para calon jemaah salat Iduladha laki-laki mengambil ID Card di masjid Al Akbar. Besok, Sabtu (25/7/2020) giliran jemaah perempuan. Foto : Istimewa

Kuota salat Iduladha di Masjid Al Akbar Surabaya sudah terisi separuh. Seperti diketahui, masjid ini pada ibadah salat Iduladha tahun ini menerapkan sistem ID Card, mengantisipasi membludaknya jemaah salat.

“Pada gelombang pertama ini sudah terisi sekitar 2.300. Kurang separuh,” ujar Helmy M Noor Humas Masjid Al Akbar Surabaya pada Jumat (24/7/2020).

Ia mengatakan, hari ini (24/7/2020) tadi, para calon jemaah salat Iduladha laki-laki mengambil ID Card di masjid Al Akbar. Besok, Sabtu (25/7/2020) giliran jemaah perempuan.

“Nanti gelombang kedua, baru diambil tanggal 29 Juli. Gelombang terakhir. (Dua gelombang) Ini agar tim admin dan verifikasi tidak overload. Kedua supaya tidak ada antrean saat pengambilan ID card,” jelasnya.

Dari jumlah 2.300 jemaah yang sudah mendaftar, terhitung jumlah jemaah laki-laki sekitar 60 persen, dan 40 persen lainnya perempuan. Masjid Al Akbar masih membuka pendaftaran ID Card sampai tanggal 29 Juli mendatang.

“Kalau tidak ada ID card, tidak bisa ikut salat di Al Akbar. Kami berharap, yang tidak ber-ID card, tidak ikut salat di Al Akbar,” katanya.

Sebagai informasi, kapasitas Masjid Al Akbar Surabaya sebenarnya sebanyak 40 Ribu Jemaah. Utuk memenuhi protokol kesehatan Covid-19, jemaah salat Iduladha akan dibatasi maksimal 5 ribu jemaah (2.691 jemaah laki-laki dan 2309 jemaah perempuan).

Calon jemaah salat Idul Adha dapat mendaftar melalui link, https://s.id/daftarshalatiduladhamasLK (khusus laki-laki) dan https://s.id/daftarshalatiduladhamasPR (khusus perempuan). (bas/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
26o
Kurs