Rabu, 24 April 2024

Lampaui China, Jumlah Kasus Covid-19 Indonesia Tertinggi di Asia Timur

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi. Petugas medis memindahkan pasien ke ruang isolasi dalam Simulasi Penanganan Pasien Corona di Rumah Sakit Lavalette, Malang, Jawa Timur, Jumat (13/3/2020). Foto : Antara

Indonesia menembus 84,882 kasus Covid-19 pada Sabtu (18/7/2020) kemarin, melampaui China sebagai negara pertama kasus terjangkit virus dengan jumlah 83,660 kasus.

Angka itu menjadikan Indonesia sebagai negara dengan kasus tertinggi di Asia Timur. Masih ada 1.752 kasus baru pada Sabtu dan 59 kematian baru yang dinyatakan dalam sehari.

Total angka kematian akibat Covid-19 di indonesia sebanyak 4.016 jiwa. Sudah mendekati angka kematian di China, yang penambahan kasusnya sudah sangat landai, yakni 4.634 kematian.

“Ada kemungkinan kasus positif yang tidak terdeteksi tanpa gejala,” kata Achmad Yurianto juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19.

Dalam keterangan pers Yuri mengatakan, gugus tugas terus melakukan tracing sebagai upaya melacak penyebaran virus.

Sebelumnya, tim epidemiologi telah mengkritik pemerintah atas upaya pembatasan yang tidak ketat dibandingkan negara lainnya.

Ini membuat persebaran kasus sulit ditekan. Sementara, pembatasan mulai mereda sejak awal Juni lalu sejak berlakunya New Normal sebagai upaya pemulihan ekonomi.

Anies Baswedan Gubernur Jakarta saat ini telah menunda pelonggaran pembatasan, termasuk menunda pembukaan kembali bioskop.

Ibukota Jakarta melaporkan ada 346 kasus baru pada Sabtu. Angka termasuk masuk dalam peningkatan harian tertinggi dengan 8 kasus kematian baru.

Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat dalam akun twitternya mengatakan, pemerintah daerah setempat akan mulai mendenda orang yang tidak mengenakan masker di tempat-tempat umum mulai 27 Juli.(tin/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs