Kamis, 28 Maret 2024

Lawan Covid-19, Astra Kembali Sokong Dana Dua Rumah Sakit

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Astra salurkan bantuan donasi mencegah penyebaran Covid-19 untuk dua rumah sakit di Jakarta dan Surabaya. Foto: Humas Astra

Cegah penyebaran Covid-19, Astra kembali salurkan bantuan tahap kedua dalam bentuk donasi secara bertahap pada Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo Jakarta dan Rumah Sakit Penyakit Tropik Infeksi Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya.

Dengan bantuan tahap kedua tersebut, maka total bantuan dari Astra telah mencapai Rp93 miliar. Bantuan tahap kedua tersebut merupakan kontribusi nyata dari Astra bersama-sama
dengan dunia usaha lainnya seperti CT Corp Bank Mega dan Grup Salim mencegah penyebaran Covid-19, sekaligus memperkecil tingkat kematian, terutama bagi penderita usia lanjut.

“Untuk mencegah penyebaran pandemi ini harus dilakukan secara serentak oleh seluruh lapisan, baik itu pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha. Semoga kontribusi dari kami ini dapat bermanfaat dalam menghambat tingkat penyebaran Covid-19,” terang Prijono Sugiarto Presiden Direktur Astra, Selasa (7/4/2020).

Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta dan Rumah Sakit Airlangga Surabaya merupakan dua rumah sakit rujukan pemerintah di dua kota terbesar di Indonesia yang memiliki fasilitas gedung yang belum dimanfaatkan secara penuh.

Pada tahap awal, donasi ini akan dimanfaatkan untuk membiayai pengadaan 20 tempat tidur intensive care unit (ICU) dan 100 tempat tidur kamar isolasi ketat/high care unit (HCU) di tiap-tiap rumah sakit tersebut dan ditingkatkan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan alat kesehatan.

Selain itu, pada tahap kedua ini Astra juga berkontribusi melalui PT Harapan Bangsa Kita untuk mendukung acara Hebat senilai Rp113 juta dalam bentuk makanan sehat untuk tenaga medis di rumah sakit yang menangani Covid-19.

Sebelumnya, pada bantuan tahap awal, Astra telah menyerahkan bantuan berupa alat pencegahan penyebaran Covid-19 kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan, Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia, serta donasi sebesar Rp40 miliar melalui suatu yayasan yang menampung dan mengelola bantuan dari grup-grup perusahaan di Indonesia.

Astra juga telah mendonasikan 100 unit mobil pick up dan 10 unit truk, kepada Palang Merah Indonesia yang akan digunakan sebagai kendaraan penyemprot disinfektan.

Juga pemberian bantuan alat pencegahan penyebaran Covid-19 kepada 21 Kampung Berseri Astra di Jabodetabek dan inisiatif Astra dalam menggerakkan beberapa penerima SATU Indonesia Awards di pelosok Tanah Air untuk turut membantu pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah masing-masing.

Dukungan Astra dalam menangani Covid-19 ini sejalan dengan pilar kontribusi sosial berkelanjutan Astra dan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs