Minggu, 29 Mei 2022

Lawan Covid-19, Universitas Narotama Bantu IGD dr. Soetomo

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Seremonial pemberian donasi bagi garda terdepan penanganan pasien Covid-19 diberikan Universitas Narotama untuk IGD dr. Soetomo Surabaya. Foto: Humas Unnar

Mempercepat penanggulangan Covid-19, Universitas Narotama bantu donasi garda terdepan penanganan pasien Covid-19 di IGD dr. Soetomo, Surabaya, Rabu (1/4/2020).

Memberikan bantuan donasi kepada upaya penanganan Covid-19, Universitas Narotama (Unnar) Surabaya, Rabu (1/4/2020) langsung berikan bantuan kepada garda terdepan penanganan pasien Covid-19 di IGD dr. Soetomo, Surabaya.

Universitas Narotama diwakili Rektor dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), memberikan bantuan secara langsung pada IGD Rumah Sakit dr. Soetomo Surabaya, kepada dr. I.G.B. Adria Hariastawa, Sp.BA., kepala IGD Rumah Sakit Dr. Soetomo Surabaya,.

“Kami tentunya sangat berterima kasih karena Universitas Narotama sudah sangat berbesar hati untuk menolong para tenaga di garis depan dalam menghadapi pasien Covid-19,” terang dr. Adria sapaan dr. I.G.B. Adria Hariastawa, Sp.BA.

dr. Adria menyampaikan bahwa bantuan dana dari Universitas Narotama akan difokuskan untuk membeli Alat Pelindung Diri (APD) bagi para tenaga medis di IGD Rumah Sakit dr. Soetomo, Surabaya.

“Terus terang APD yang kami miliki untuk garis depan di IGD ini sangat kurang, terutama APD yang berupa baju coverall yang memang masih sangat kurang,” tambah dr. Adria.

Dengan dana bantuan ini, dr. Adria mengatakan para perawat sudah meminta agar IGD memprioritaskan untuk membeli APD coverall. “Semoga kami bisa mendapatkan APD overall ini segera karena memang di luar juga sudah semakin sulit untuk dicari,” kata Adria.

Adria menambahkan, setiap harinya IGD Rumah Sakit dr. Soetomo Surabaya menerima 3 hingga 4 pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19.

“Perawat di IGD yang menerima pasien tersebut pertama kali tentu harus menggunakan APD lengkap. Kemudian jika ada yang harus dioperasi sementara pasien itu PDP, maka semua yang bertugas juga harus memakai APD. Sementara APD masih sangat kurang,” papar Adria.

Selama ini, IGD Rumah Sakit dr. Soetomo menggunakan APD yang ada dengan selektif karena jika semua operasi menggunakan APD, maka APD akan segera habis.

“Ini yang sangat mengganggu karena kami ingin menangani semua pasien dengan baik, sementara alat perlindungan diri kami masih sangat kurang,” pungkas Adria.

Sementara itu ditambahkan Dr. Ir. H. Sri Wiwoho Mudjanarko, ST., MT., IPM, Rektor Universitas Narotama, menyampaikan bahwa sivitas akademika Universitas Narotama ingin memberikan dorongan dan semangat pada tenaga medis yang terlibat dalam penanganan Covid-19.

“Semoga bantuan ini memberikan semangat bagi para garda terdepan dari kami sebagai masyarakat umum. Donasi yang kami berikan dalam bentuk hand sanitizer, makanan untuk tenaga medis, dan uang tunai. Semoga ini memberikan manfaat bagi mereka yang berada di garis depan penanganan pasien Covid-19 ini,” tegas Sri Wiwoho Mudjanarko, Rabu (1/4/2020).(tok/rst)

Berita Terkait

Surabaya
Minggu, 29 Mei 2022
27o
Kurs