Rabu, 21 Oktober 2020

LTMPT: UTBK Dilakukan Bersamaan dengan SBMPTN

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Mohammad Nasih Ketua LTMPT yang juga menjabat sebagai Rektor Universitas Airlangga. Foto: Dok/Istimewa

Mohammad Nasih Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengatakan, pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) bersamaan dengan pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

“Ada yang berbeda dengan tahun sebelumnya, yakni pendaftaran UTBK dilakukan bersamaan dengan SBMPTN,” ujar Nasih dalam sosialisasi LTMPT yang dilakukan secara daring di Jakarta, dilansir Antara, Minggu (31/5/2020).

Jika tahun sebelumnya, kata Nasih, pelaksanaan SBMPTN dilakukan setelah UTBK. Nilai UTBK yang diperoleh digunakan untuk mendaftar SBMPTN.

Sedangkan pada tahun ini, nilai UTBK tidak diumumkan terlebih dahulu. Melainkan langsung digunakan untuk seleksi SBMPTN.

“Kalau tahun lalu nilai keluar baru daftar SBMPTN, jadi guru bisa memberikan masukan pada siswa. Sedangkan pada tahun ini tidak bisa lagi seperti itu,” terang dia.

Oleh karena itu, lanjut dia, peserta perlu menyikapi hal tersebut. Nasih menyarankan peserta terlebih dahulu mengukur kemampuannya sendiri.

“Sejak awal ukur kemampuan dari siswa. Memang ada faktor keberuntungan atau tidak. Namun dengan UTBK akan terlihat kemampuan siswa,” jelas dia.

Selain itu, peserta juga diminta untuk cermat dalam memilih program studi yang sesuai dengan kemampuan dan persyaratan di kampus itu.

“Persiapan penting, karena dengan kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini kami tidak membutuhkan proses panjang dalam penyeleksiannya,” kata dia.

UTBK akan diselenggarakan di 74 PTN. Pendaftaran UTBK dimulai pada 2 Juni hingga 20 Juni 2020. Sedangkan UTBK akan diselenggarakan pada 5 Juli hingga 12 Juli mendatang. Sementara pengumuman hasil UTBK akan diumumkan pada 25 Juli 2020.

Pelaksanaan UTBK dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Setiap peserta yang akan mengikuti UTBK wajib mengenakan masker dan harus dalam kondisi sehat serta mengikuti prosedur pemeriksaan Covid-19.

Nasih mengatakan terdapat sejumlah prosedur yang harus dipatuhi peserta, mulai dari saat masuk ruang ujian, saat ujian dan setelah ujian. (ant/ang/iss)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Truk di Tol Ngawi-Solo

Kecelakaan Mobil di Raya Darmo

Mendung Sore Ini

Kemacetan di Raya Taman arah Bundaran Waru

Surabaya
Rabu, 21 Oktober 2020
30o
Kurs