Jumat, 26 April 2024

Mayoritas Masyarakat Percaya Pemerintah Mampu Mengatasi Wabah Virus Corona

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Fadjroel Rachman Juru Bicara Presiden. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden mengapresiasi kepercayaan masyarakat pada upaya pemerintah melindungi rakyatnya dari wabah Virus Corona (COVID-19).

Fadjroel Rachman Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi mengungkapkan, berdasarkan hasil survei Litbang Kompas yang diselenggarakan tanggal 3-4 Maret 2020 dengan 552 responden, lebih dari 50 persen responden berpendapat kinerja pemerintah sudah baik, khususnya terkait komunikasi dengan beberapa negara lain.

“Persentase 58,5 persen dari seluruh responden menyatakan percaya pada upaya pemerintah. Lalu, lebih dari 75 persen responden mengetahui tindakan yang perlu dilakukan pemerintah untuk mencegah penyebaran Virus Corona, seperti menutup akses mobilitas penduduk atau warga negara asing (82,6 persen) dan satuan tugas antar kementerian (78,8 persen). Hasil polling juga menunjukkan 84,2 persen responden yakin terhadap kinerja pemerintah dalam mengatasi wabah Virus Corona,” ujarnya melalui pesan tertulis yang diterima suarasurabaya.net, Selasa (10/3/2020).

Menurut Fadjroel, hasil survei itu menunjukkan sebagian besar responden menilai pemerintah sudah memadai dalam upaya penanganan Virus Corona.

Hal tersebut ditunjukkan dengan persentase mengenai antisipasi masuknya Virus Corona di Indonesia sesuai standar WHO (49,8 persen), sosialisasi kepada masyarakat mengenai antisipasi penyebaran Virus Corona (49,5 persen), penanganan WNI yang terinfeksi Covid-19 (66,1 persen), antisipasi penyebaran Virus Corona tempat perlintasan antarnegara (52,5 perse ) dan penyediaan fasilitas kesehatan untuk antisipasi Virus Corona (48,4 persen).

Sedangkan sikap responden dalam menanggapi isu bertambahnya WNI yang terinfeksi Covid-19 menunjukkan sebanyak 67,9 persen responden khawatir terhadap penyebaran Virus Corona.

“Hasil tersebut merepresentasikan masyarakat memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap kinerja pemerintah dalam upaya melindungi masyarakat dari sebaran Virus Corona,” imbuhnya.

Sementara itu, hasil survei mengenai sosialisasi kepada masyarakat, lebih dari 49,5 persen mengetahui, antisipasi persebaran virus korona di fasilitas umum lebih dari 52,5 persen, antisipasi masuknya virus corona di Indonesia 49,8 persen, dan penyediaan fasilitas kesehatan yang menunjukkan lebih dari 48,4 persen responden mengatakan sudah memadai.

“Presiden Joko Widodo menegaskan pemerintah akan bekerja sekeras-kerasnya untuk menjaga dan melindungi masyarakat dari wabah Virus Corona. Kepala Negara sekaligus mengimbau solidaritas sosial masyarakat untuk bersama mengatasi hal itu,” tegas Juru Bicara Presiden.

Sekadar informasi, jumlah responden survei yang dilakukan Litbang Kompas sebanyak 552 orang berusia di atas 17 tahun, tinggal di Banda Aceh, Medan, Padang, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Denpasar, Pontianak, Samarinda, Manado, Makassar, Ambon, dan Jayapura.

Margin of error 4,2 persen, dan tingkat kepercayaan 95 persen.(rid/iss)

 

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
25o
Kurs